Find Us On Social Media :
Pelayanan konsumen yang baik menjadi ujung tombak kelangsungan bisnis (freepik)

Pelayanan Konsumen yang Baik Menjadi Ujung Tombak Kelangsungan Bisnis

Carissa Erlinda - Jumat, 13 September 2019 | 14:41 WIB

Sonora.ID - Peluang bisnis di Indonesia bergerak ke arah bisnis jasa pelayanan. Hal penting yang harus disiapkan dalam mengembangkan jasa pelayanan adalah dengan memiliki divisi pelayananan konsumen atau customer operation yang dipersiapkan dengan baik.

Pelayanan konsumen bisa dikatakan sebagai ujung tombak kelangsungan perusahaan, karena perannya sebagai jembatan antara pelanggan dengan pihak perusahaan.

Baca Juga: Punya Bisnis dengan Hasil Besar dan Risiko Kecil, Mungkinkah?

Divisi ini harus mampu menjalankan kewajibannya yaitu fight for rights untuk kenyamanan pelanggan, selain juga harus mempertahankan idealisme perusahaan.

Hence Steve, Head of Customer Operations Traveloka, menjelaskan bahwa memang customer operation merupakan bagian yang harus bisa menempatkan diri di pihak pelanggan.

Baca Juga: Pakar: Ingin Sukses dan Bahagia? Buang Negative Believe dari Diri Anda

“Mencoba menjadi sisinya customer jadi kita juga tahu bahwa yang dia rasakan itu tidak menyenangkan. Jadi, bagaimana caranya supaya kita membantu customer ini supaya mendapatkan pengalaman yang terbaik juga. Karena saya yakin tidak ada perusahaan yang menginginkan customer complain,” tambahnya.

Namun, pastinya dibutuhkan seni dan kemampuan untuk menghadapi berbagai jenis pelanggan. Seorang pelayanan konsumen harus dengan cepat membaca pelanggannya, sehingga mampu menyesuaikan diri.