Find Us On Social Media :
(freepik)

Punya Lokal Brand? Simak Cara ini untuk Mengembangkan Usaha Anda

Carissa Erlinda - Senin, 23 September 2019 | 12:22 WIB

Sonora.ID - Usaha dalam negeri atau local brand sedang mengalami pertumbuhan secara kuantitas. Namun, apakah brand dalam negeri ini mampu bertahan lama dalam bersaing dengan brand luar? Apa saja yang perlu dilakukan untuk membangun usaha lokal?

Kedua hal ini masih menjadi kegelisahan mendasar bagi pemilik usaha lokal. Tim Markplus,Inc, Radit, menjelaskan bahwa memang ada peningkatan jumlah usaha lokal.

Namun sayangnya, selama ini usaha dalam negeri atau yang biasa dikenal dengan UMKM ini, hanya menekankan aktivitas mereka pada selling atau penjualan.

Baca Juga: Peran Orang Tua dalam Memperkenalkan Perkembangan Teknologi pada Anak

Radit juga menyampaikan bahwa ada hal lain yang juga bisa dilakukan demi mencapai target, yaitu dengan melakukan usaha branding.

“Jumlah pelaku usaha di Indonesia itu ada sekitar 50 juta lebih, katakanlah satu usaha itu punya satu brand, berartikan ada setidaknya 50 juta brand yang dimiliki oleh Indonesia. Kendalanya, orang-orang Indonesia, atau pelaku bisnis lokal kita itu kurang memperhatikan apa yang namanya branding, karena kan masih didominasi oleh UMKM yang masih memperhatikan selling dari pada branding. Padahal kan ini adalah dua hal yang harus dilakukan,” tambah Radit.

Selling adalah usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk mendapatkan pelanggan baru. Sedangkan, branding adalah usaha yang dialkukan untuk mempertahankan pelanggan lama atau dengan kata lain menjaga loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Pentingnya Strategi Komunikasi dan Riset dalam Mengembangkan Usaha