Sonora.ID - Tidak hanya produk dan jasa, para pelaku industri musik khususnya musisi ataupun band tentu tetap perlu membutuhkan sebuah strategi brand dan branding.
Hal tersebut bertujuan agar tetap bisa berkembang dan bersaing di tengah sengitnya persaingan yang kompetitif dengan kondisi pasar yang dinamis.
Suksesnya sebuah band tentu tidak luput dari bagaimana membangun dan mengembangkan band yang dipresentasikan melalui musik yang menjadi ciri khasnya.
Baca Juga: Ingin Bisnis Anda Berjalan dengan Pesat? Ikuti Strategi ala Bunda Elah
Selain musik yang menjadi ciri khasnya, cara lain dengan mengembanhkan band yakni berasal dari personel band, stage act, hingga merchandise yang dimiliki oleh band tersebut.
Narasumber Radio Sonora Danar Pramesti dari ‘souljah’ dan Brand Consultans Dwiannesmita Savitri dari MakkiMakki menjelaskan bahwa setiap band atau industri musik perlu membutuhkan brand audience.
Brand audience tidak hanya dinilai dari fans saja, namun bisa juga dilihat dari publik, label, media tv hingga radio.
Dalam menciptakan sebuah branding di dunia musik Danar Pramesti juga menceritakan tentang cerita pelik bandnya sebelum terkenal hingga sekarang.
Baca Juga: Manfaatkan Kekayaan Bahari Indonesia sebagai Ladang Berkarier