Surabaya, Sonora.ID - Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda, Syamsu Priatmojo mengatakan bahwa kegiatan pelayanan bagi pengguna jasa selama pandemi dilakukan dengan memaksimalkan layanan online.
"Bea Cukai Juanda saat ini pada masa new normal, layanan informasi dapat dilakukan dengan cara telpon atau WA, dan juga bila sangat perlu bisa datang ke kantor. Karena sarana telah disiapkan dengan meja terpisah, dengan kaca antar peminta informasi dan petugas pelayanan informasi," kata Syamsu saat di ruang kerjanya, Senin, (20/07/2020).
Tempat duduk, meja dan kursi di ruang tunggu pelayanan juga diatur sesuai protokol kesehatan dan diberikan tanda silang.
Baca Juga: Hasil Rapid & Swab Positif Covid-19, Pasar Keputran Surabaya Libur Seminggu
"Selama masa pandemi ini, Bea Cukai telah mengubah model layanan. Yang sebelumnya dokumen hard copy yang dikirim ke kantor, sekarang bisa via e-mail. Sebagai upaya untuk mengurangi tatap muka dengan para pengguna jasa. Walaupun jika terpaksa sekali, pengguna jasa mau datang, silahkan datang ke kantor, impor sekarang sudah cukup lancar. Sampai sekarang penerimaan hard copy dokumen masih bisa dikirim via pos, dan untuk tahap awal agar cepat bisa lebih dulu via e-mail atau secara online," kata Syamsu.
Namun demikian, ia juga tetap mengingatkan kepada masyarakat atau pengguna jasa bahwa dalam new normal dalam pandemi inipun ternyata masih terjadi berbagai bentuk penipuan.
"Sekarang ini ketika era new normal, juga makin banyak penipuan berkedok barang kiriman online atau menipu dengan mengatakan mengirim hadiah.
Baca Juga: Test Swab di Surabaya Capai 38.512 Orang, Kesembuhan Per Hari Bertambah