Find Us On Social Media :
Ilustrasi uang. (Tribunnews.com)

Bank Indonesia Gelar Appreciation Day dalam Puncak Kegiatan Festival Celengan Rupiah

Etty Hariyani - Senin, 19 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Balikpapan, Sonora.ID - Bank Indonesia (BI) menggelar Appreciation Day Festival Celengan Rupiah “Cerita Literasi Uang” secara virtual yang diikuti oleh lebih dari 800 Peserta pada Minggu (18/10/2020).

Para peserta tersebut terdiri dari pelajar dan guru sekolah setinggkat SMP/MTS/Setara dan SMA/SMK/MA atau setara se-Kota Balikpapan, Kab. Penajam Paser Utara dan Kab. Paser serta masyarakat umum.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BI Balikpapan, Bimo Epyanto. Appreciation Day merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Festival Celengan Rupiah yang telah berlangsung selama satu bulan sejak 17 September 2020.

Festival Celengan Rupiah berisi berbagai kegiatan kompetisi, webinar edukasi dan kelas online bertema Rupiah, Kebanksentralan maupun Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Baca Juga: BI dan OJK Berkomitmen Bantu Pemulihan Ekonomi Provinsi Jawa Barat

Kompetisi pada Festival Celengan Rupiah diikuti oleh total 466 peserta dari 65 sekolah se Balikpapan, Paser dan Penajam Paser Utara. Lomba-lomba yang diadakan adalah lomba mading 2D Rupiah dan Lomba Video Tiktok Edukasi Cinta Rupiah untuk level smp/sederajat. Sedangkan untuk level sma/sederajat terdapat lomba Mading 3D Rupiah, lomba Jingle Rupiah, dan lomba Artikel tentang uang Rupiah. 

Sebagai puncak acara, Appreciation Day Festival Celengan Rupiah dikemas secara edukatif. Dalam acara tersebut, digelar talkshow bertema “Pembayaran Digital untuk Generasi Milenial” yang dipandu oleh Nirina Zubir dengan menghadirkan Natasha Ardiani, Vice President Lending OVO serta Cinta Laura Kiehl, aktris dan aktivitis sosial sekaligus tokoh generasi muda sebagai narasumber.

Pada talkshow tersebut, Natasha Ardiani memaparkan perkembangan terkini dan besarnya potensi pembayaran digital di Indonesia.
 
Natasha menyebutkan terdapat 171 juta orang atau 65% dari total populasi di Indonesia telah terhubung dengan internet sejak 2018 di Indonesia. OVO sebagai salah satu pemain digital payment turut hadir di Balikpapan sejak November 2017 dan telah memiliki lebih dari 3.000 merchant.