Find Us On Social Media :
Caption : General Manager PLN UIW Kalselteng, Sudirman saat prosesi peresmian Command Center PLN UIW Kalselteng, Selasa (27/10). (PLN Kalselteng)

Tingkatkan Penanganan Gangguan Kelistrikan, PLN Kalselteng Luncurkan Command Center

Fakhrurazi - Selasa, 27 Oktober 2020 | 13:25 WIB

Banjarbaru, Sonora.ID – Bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke-75, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) melakukan peluncuran Sistem Pelayanan Pelanggan Terpusat “Command Center”, Selasa (27/10).

General Manager PLN UIW Kalselteng, Sudirman menjelaskan Command Center merupakan suatu rangkaian program strategis outage management PLN UIW Kalselteng yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan penanganan gangguan kelistrikan dengan berfokus pada peningkatan Response Time dan Recovery Time.

“Command Center ini merupakan suatu sistem yang mengintegrasikan informasi dan komunikasi sistem kelistrikan di wilayah kerja PLN di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, dengan Command Center ini, PLN akan lebih cepat dalam hal merespon dan menanggulangi gangguan yang dilaporkan oleh Pelanggan”, jelas Sudirman.

Baca Juga: Anggota DPR RI Dapil Kalsel Tak Hadir, Yoeyoen: 2024 Jangan Lagi Dipilih!

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan salah satu nilai lebih dari implementasi Command Center ini adalah Borderless Service, artinya Petugas Layanan Teknik yang menangani gangguan kelistrikan dapat dikerjakan oleh Petugas lintas batas berdasarkan jarak terdekat dari sumber gangguan ataupun titik lokasi laporan yang disampaikan oleh Pelanggan.

“Dengan diimplementasikannya Command Center ini memungkinkan Petugas yang melayani laporan gangguan kelistrikan adalah Petugas yang posisinya tidak berada di lokasi Pelanggan. Sehingga tidak ada batas wilayah kerja lagi bagi Petugas Layanan Teknik kami, sehingga penanggulangan terhadap gangguan akan lebih optimal.

Sudirman mengatakan PLN UIW Kalselteng merupakan Unit Induk PLN di pulau Kalimantan yang pertama kali mengimplementasikan Command Center. Sudirman berharap Sistem Pelayanan Pelanggan Terpusat “Command Center” dapat meningkatkan kepuasan Pelanggan dalam pelayanan penanganan gangguan kelistrikan yang lebih cepat.

Baca Juga: Peduli Kemanusiaan Puluhan Jurnalis Cirebon Donor Darah Bantu PMI