Sonora.ID - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan penggunaan media sosial tertinggi, apa lagi pada masa pandemi saat ini.
Berbagai aktivitas pada masa pandemi dialihkan melalui media sosial, bahkan tercatat bahwa adanya kenaikan transaksi online dari 4,7 persen menjadi 28,9 persen pada masa krisis ini.
Di sisi lain, Covid-19 juga membawa pengaruh yang besar dalam perusahaan dan karyawan di Indoensia, karena banyak karyawan yang menjadi korban PHK, padahal mereka masih harus memenuhi kebutuhan akan hidup.
Baca Juga: UMKM dan Pemuda Terampil Jadi Prioritas untuk Atasi Dampak Pandemi
Dengan kondisi demikian, banyak bermunculan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baru di masa pandemi, dengan memanfaatkan penggunaan media sosial yang sedang tinggi-tingginya.
Kebutuhan digitalisasi UMKM pun semakin meningkat, bahkan saat ini sebanyak 70 persen UMKM di Asia Pasifik telah mempercepat digitalisasi bisnis mereka dengan adanya pandemi ini.
Sadar akan keperluan teknologi untuk UMKM, BINUS University berinisiatif untuk menggandeng Country Director Facebook ndoensia, Peter Lydian untuk mengagas sebuah acara ‘Studium Generale’.
Baca Juga: Equity Crowdfunding Alternatif Pembiayaan Bagi UMKM di Masa Pandemi