Find Us On Social Media :
Andri Wijaya, S.Kom, M.T.I dalam acara IT corner (Sonora/Jati Sasongko)

Self Service Technology Jadi Solusi Alternatif di Tengah Pandemi

Jati Sasongko - Selasa, 3 November 2020 | 16:00 WIB

Palembang, Sonora.ID - Di masa pandemi, semua dilakukan secara online dengan tetap menerapkan jaga jarak.

Di sisi lain, muncul Self Service Technology yang menjadi sebuah solusi yang cukup menjanjikan di masa mendatang.

Andri Wijaya, S.Kom, M.T.I dalam acara IT corner mengatakan self service teknologi (SST) merupakan suatu perantara teknologi yang memungkinkan konsumen untuk menghasilkan sendiri pelayanan tanpa tergantung pada karyawan.

”Konsep SST dapat muncul di era saat ini karena para pelaku bisnis atau perusahaan menginginkan sebuah hal yang baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka yaitu yang penting adalah pengurangan biaya atau penghematan biaya dari semua aspek operasional sehingga dengan hal tersebut otomatis dapat meningkatkan profit atau memberikan harga-harga murah kepada produk produk yang mereka jual,” ujarnya.

Baca Juga: Kontes Robot Terbang, ITS Sabet Juara Umum KRTI 2020

Ia menambahkan SST dapat diterapkan disemua bidang bisnis selama perusahaan mampu untuk menyediakan apa yang dibutuhkan dalam implementasinya dan teknologinya ada dipasaran.

”Maksud teknologi ada di pasaran adalah jangan sampai konsep SST tersebut dibuat dengan sangat canggih, sehingga dalam pembuatan maupun pemeliharaan sulit,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, pihaknya juga mengatakan semua pelanggan dapat merasakan konsep ini, apalagi saat ini semua perusahaan atau bisnis hampir sudah menggunakan konsep ini sedikit ataupun banyak untuk operasional bisnis mereka.

Baca Juga: S1 Teknik Perkeretaapian Pertama di Indonesia Ada Di Institut Teknolgi Sumatera