Find Us On Social Media :
Untuk Pertama Kali, Indonesia Miliki Lebar Jalur Kereta Api 1.435 MM ()

Untuk Pertama Kali, Indonesia Miliki Lebar Jalur Kereta Api 1.435 MM

Indra Gunawan - Rabu, 10 Maret 2021 | 20:40 WIB

Bandung, Sonora.ID - Kementrian Perhubungan menargetkan pembangunan sistem persinyalan dan telekomunikasi jalur kereta api Tanete Rilau-Palanro dan Mandai-Mandalle Lintas Makassar-Parepare, akan selesai pada di tahun ini.

Diketahui jalur itu terdiri dari Tanete Rilau-Palanro di lintasan sepanjang 42,8 KM dan Mandai-Mandalle sepanjang 59,6 KM, atau total sepanjang 102,4 KM.
 
“Ini adalah proyek mainline atau jalur utama kereta api pertama di Indonesia yang menggunakan Standard Gauge 1.435 mm. Proses pengetesan pertama sistem persinyalan di Stasiun Tanete Rilau yang kita bangun bersama Kementerian Perhubungan di Trans Sulawesi jalur Makassar-Parepare sudah dilakukan," papar Direktur Strategi Bisnis & Portofolio PT Len Industri (Persero), Linus Andor Mulana Sijabat di Bandung, Rabu (10/3/2021).
 
Baca Juga: PT KAI Daop 2 Bandung Bangun Masjid Untuk Tingkatkan Pelayanan
 
"Pengetesan dilakukan bersama konsultan supervisi dan PPK Pengembangan Perkeretaapian Pangkep-Barru pada tanggal 3,4,8 dan 9 Maret 2021 ini. Meskipun dalam kondisi pandemi yang berat saat memulai tahun 2021, tapi kita tetap bisa menyelesaikan Proyek Strategis Nasional ini tepat waktu dengan memanfaatkan software remote monitoring," paparnya lagi.
 
Menurutnya, progres pengerjaan Jalur Tanete Rilau-Palanro sudah mencapai 96,21% per tanggal 28 Februari lalu setelah melalui supervisi konsultan di lapangan, menyisakan pekerjaan akses jalan dan penataan track. 
 
"Tahap selanjutnya adalah tescom atau testing and commissioning bersama Kementerian Perhubungan yang akan dilakukan pada tanggal 16-20 Maret 2021 mendatang," ucapnya lagi.
 
Baca Juga: Pelanggan Kereta Api Wisata Juga Harus Tunjukkan Hasil Test Genose