Jakarta, Sonora.Id - Dampak pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19, banyak orang yang gemar membaca buku digital mengisi waktu luang. Tidak kurang 1,5 miliar orang di dunia mengakses situs membaca.
Tingginya antusias masyarakat membaca buku digital malah sekelompok pihak yang memanfaatkan momentum tersebut dengan cara yang nakal. Industri pembajakan malah tumbuh subur dan terkesan didiamkan.
Data Riset IKAPI pada 2019 menemukan bahwa 75% penerbit menemukan bukunya dibajak. Sayangnya, penerbit tidak bisa melaoprkan market place, walaupun mereka menyediakan trempat peredaran bajakan.
Content Manager Gramedia Digital Bagus Adam mengatakan para pelaku pembajakan berlindung di balik Surat Edaran Menkominfo Nomor 5/2016. Padahal Undang-Undang Nomor 28/2014 melarang pembajakan, tetapi masuk delik aduan. Tanpa pengaduan tidak bisa diproses.
“Ini merepotkan kalau harus didasari aduan. Menyita waktu,” kata Bagus Adam pada Talk Show Pandemi dan Masa Depan Buku Digital yang digelar Perpustakaan Nasional, Kamis, (01/07/21).
Menurut Bagus, pihaknya tidak mau berpolemik panjang soal buku pembajakan. Gramedia justru memilih
Upaya melawan pembajakan dengan menyediakan paket berlangganan murah, menyediakan perpustakaan umum digital, bekerja sama dengan market place melawan pembajakan, bersinergi dengan penulis/pengarang, hingga mendukung tim pemberantasan pembajakan yang dibentuk IKAPI.
“Industri buku bukanlah industri gratisan. Namun, jangan sampai pemerintah seolah-olah melindungi para toko bajakan,” tambah Bagus.
Sementara itu, Co-founder Storial.co Brilliant Yotenega sependapat dengan Bagus kalau industri buku bukanlah industri gratisan. Bahkan, profit (keuntungan) yang didapat oleh penulis hanyalah 10%.Belum lagi daftar tunggu buku untuk dipajang di toko buku yang bisa memakan waktu 6 – 12 bulan.
Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional Adin Bondar mengatakan meski pandemi kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan pengetahuan tetap dijamin.
“Masyarakat berpengetahuan adalah jaminan untuk mereka kreatif, inovatif, dan produktif,” kata Adin.
Perpustakaan Nasional sejak pandemi sudah menghadirkan berbagai fitur layanan digital seperti iPusnas, e-resources, Khastara, dan layanan tanya jawab Ask a Librarian. Kehadiran layanan tersebut memudahkan masyarakat mengakses pengetahuan tanpa harus mendatangi langsung.
“Buku dan perpustakaan bukan hanya sekedar mencerdaskan tetapi juga mencerahkan,” pungkas Adin.