Find Us On Social Media :
Ilustrasi hacker ()

Hati-hati Kena Tipu! Begini Cara Cek Keaslian Link Phising Bit.ly

Christian Penu Kaharap - Selasa, 27 Juli 2021 | 17:30 WIB

Sonora.ID - Istilah “phising” atau yang dikenal sebagai penipuan online kian marak terjadi seiring berkembangnya teknologi. Banyak masyarakat yang sudah menjadi korban dari pihak tak bertanggung jawab pelaku phising.

Salah satu modus yang paling sering digunakan adalah mengirimkan pesan berisi ucapan selamat kepada kepada korban karena telah memenangkan hadiah. Lalu, korban diminta untuk membuka link bit.ly untuk mengklaim hadiah, padahal link tersebut berisikan phising.

Penggunaan link bit.ly sebagai modus phising bisa terbilang ampuh, karena tidak ada domain yang jelas sehingga membuat korban penasaran dengan isi link tersebut.

Ada beberapa cara untuk mencegah terkena phising bit.ly, salah satunya adalah dengan pengecekan pada domain dan isi link bit.ly tanpa perlu membuka link-nya. Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Menyamar Sebagai Perempuan Laki-Laki Ini Tipu 40 Lelaki & Pasang Tarif Kencan Hingga Rp.300 Ribu

Cara cek link phising bit.ly terbilang cukup mudah, karena kalian tidak perlu mengunduk aplikasi tambahan. Cukup membuka web khusus, maka domain dan isi dari link bit.ly dapat diketahui.

Pertama, Sonora.id akan membagikan cara untuk mengetahui domain dari link bit.ly terlebih dahulu. Bit.ly sendiri merupakan sebuah layanan yang memungkinkan domain dari sebuah situs diperpendek.

Hal tersebut biasa digunakan untuk mempermudah pengunjung.  Berdasarkan cuitan dari pengguna Twitter @Dybnyy, untuk melihat domain dari link bit.ly, kalian hanya perlu mengunjungi situs Bernama wheregoes.com.

Kalian bisa menyalin link bit.ly yang ingin dicek terlebih dahulu. Setelah itu, buka situs wheregoes.com dan paste link bit.ly di kolom yang tersedia. Klik Trace URL, dan kalian bisa mengetahui nama domain dari link bit.ly tersebut di bagian bawah situs.

Baca Juga: Lagi, WO Abal-abal Tipu Belasan Calon Pengantin di Semarang