Find Us On Social Media :
Ulang Tahun ke 49 Radio Sonora FM 92'0 Jakarta bertema Rangkai Semangat Sebarkan Kebaikan (Istimewa)

Kunci Keberhasilan Kerja : Jujur dan Hargai Proses

Paramayudha Adikara - Senin, 9 Agustus 2021 | 21:52 WIB

Jakarta, Sonora.Id - Kemauan untuk terus belajar, menghargai proses, serta bertanggung jawab adalah nilai-nilai positif yang harus dimiliki oleh setiap pekerja, tidak terkecuali di lingkungan Sonora Network.

Hal tersebut diungkapkan oleh Untung Basuki dari Divisi Admin and Event Radio Sonora Surabaya, dalam acara virtual peringatan Hari Ulang Tahun Radio Sonora ke-49, Senin (9/8/2021)

Selama 26 tahun berkarya, Basuki atau yang sering disapa Cak Bas oleh koleganya ini, memulai karirnya di Sonora Surabaya sebagai Office Boy (OB). Namun dengan adanya semangat untuk terus belajar, dan juga tidak membuang-buang kesempatan yang datang, saat ini Basuki sudah mendapat posisi yang lebih baik.

Ia pun menceritakan proses hidupnya, ketika muncul kesempatan untuk mengisi posisi sebagai admin keuangan di Sonora Surabaya, yang dahulu bernama Radio Salvatore Surabaya itu. Dimana ia menceritakan ketika dirinya belajar setiap harinya mengenai perpajakan, untuk mengisi kekosongan admin keuangan di Sonora Surabaya kala itu.

“Jadi setiap satu minggu sekali saya datang ke kantor pajak untuk tanya-tanya, bagaimana sih, pajak itu seperti apa, PPN itu apa, PPH itu apa, dan seterusnya. Akhirnya lama-lama saya mengerti”, ungkap Basuki.

Pentingnya Tanggung Jawab

25 tahun bukan waktu yang singkat untuk seorang Untung Basuki atau yang biasa dipanggil Cak Bas bekerja di Sonora Surabaya, tentu banyak pembelajaran dalam rentang waktu tersebut, untuk kemudian dapat dimaknai sebagai pedoman hidup.

Sejak memulai karirnya di Sonora Surabaya yang dahulu bernama Radio Salvatore Surabaya, Basuki selalu mengutamakan tanggung jawab saat bekerja. Baginya tanggung jawab adalah yang terpenting, karena dengan adanya tanggung jawab, hal-hal baik lainnya akan muncul dari diri kita.

“Jadi bagi saya adalah kerja tanggung jawab adalah yang terpenting, karena kalau tanggung jawab, pasti semangat mengikuti, kejujuran akan mengikuti, semua yang baik pasti akan mengikuti”, tambah Basuki.

Selain itu, menurut Basuki masih ada hal-hal lainnya yang bersifat positif, yang dapat dilakukan oleh insan-insan yang bekerja di Sonora Network. Yaitu menganggap perintah pimpinan sebagai tanggung jawab dan bukan sebagai beban dalam bekerja, dan juga menghargai sebuah proses dalam bekerja.

Sebelumnya, Director of KG Radio Network Markus Gunawan juga menyampaikan hal penting yang dapat dimaknai oleh segenap keluarga Sonora Network, terlebih di masa pandemi covid-19 ini. Hal penting itu adalah ‘semangat’, dimana dengan merangkai semangat satu sama lain, Markus optimis jika Sonora Network dapat melalui masa sulit ini.

“Tapi satu hal yang menjadi pembelajaran kita bersama untuk bisa terus sustain di industri ini, pr-nya Cuma satu ternyata, kita merangkai semangat satu sama lain, untuk bisa melewati ini semua,” ungkap Markus.

Dengan segala asa yang masih tertinggal untuk dicapai, Markus pun menebar semangatnya kepada insan Sonora Network, dengan harapan Sonora Network dapat bertahan dan bahkan berkembang tidak hanya di udara, namun juga dapat melebarkan sayapnya di era digital sekarang ini