Find Us On Social Media :
Ilustrasi terkait penyakit batu ginjal. (Freepik.com)

Mengapa Penyakit Ginjal Jadi Komorbid Paling Berbahaya? Ini Kata Dokter

Prameswari Sasmita - Selasa, 10 Agustus 2021 | 17:30 WIB

Sonora.ID - Berita dan informasi terkait Covid-19 masih menjadi salah satu pemberitaan yang mendapatkan sorotan dari masyarakat Indonesia hingga saat ini, karena berbagai kebijakan pun terus dilakukan demi menekan angka penularan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah terkait dengan penyakit komorbid atau bawaan yang bisa memperparah kondisi pasien yang terpapar virus corona.

Bukan diabetes atau hipertensi, ternyata penyakit komorbid yang menjadi nomor satu paling bahaya menurut laman resmi Satuan Tugas Covid-19 adalah penyakit ginjal.

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Komorbid? Ini Penjelasan Selengkapnya dari Dokter

Dalam program Health Corner di Radio Sonora FM, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia pun menegaskan alasan di balik bahayanya penyakit komorbid tersebut.

“Karena orang yang menderita gangguan ginjal, banyak yang juga menderita penyakit lainnya. Jadi, itu seperti muaranya berbagai penyakit. Misalnya orang menderita sakit gula, kalau tidak terkontrol ujung-ujungnya menderita gangguan ginjal,” jelas dr. Santi memaparkan.

Hal yang sama juga terjadi pada kondisi penyakit lainnya, misalnya adalah pasien hipertensi juga bisa alami gangguan ginjal ketika tensinya tidak bisa terkendali.

Baca Juga: Sangat Mudah, Inilah 2 Cara Menghitung Kebutuhan Protein untuk Sehari-hari