Find Us On Social Media :
Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) saat menjamu Presiden Afghanistan Ashraf Ghani beberapa waktu lalu (Istimewa)

JK Optimistis Afghanistan Tidak Akan Jatuh dalam Perang Saudara

Dian Mega Safitri - Selasa, 17 Agustus 2021 | 15:20 WIB

Makassar, Sonora.ID - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) optimistis, Afghanistan tak akan jatuh dalam pertumpahan darah dan perang saudara. Meski kini ibukota Kabul jatuh ke tangan Taliban.

JK mengatakan, dirinya beberapa kali terlibat dalam perundingan dan berbicara langsung dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, serta para petinggi Taliban, saat menjabat Wakil Presiden periode 2014-2019.

Bahkan perwakilan Pemerintah Aghanistan dan Pemimpin Politik Taliban, secara bergantian diundang makan di kediaman dinas Wakil Presiden RI, Jalan Diponegoro Menteng - Jakarta Pusat.

Baca Juga: JK Imbau Masjid Sumbangkan 50 Persen Hasil Kotak Amal ke Palestina

“Baik Taliban maupun Pemerintah Afghanistan sama-sama meyakini bahwa mereka bersaudara dan tidak akan memerangi negara yang sudah ditinggalkan oleh tentara Amerika Serikat,” ujar JK dalam keterangan persnya, Selasa (17/8/21).

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) pusat ini pun mengaku cukup kenal baik dengan Presiden Ashraf Ghani dan Kepala Kantor Politik Taliban Mullah Abdul Gani Baradar.

Akhir Desember tahun lalu, ia bertemu Presiden Ghani di Kabul. Sedangkan Januari 2021 lalu, gilirannya bertemu Mullah Baradar di Doha, Qatar.