Sonora.ID - UMKM kini menjadi salah satu sektor bisnis yang diminati banyak orang saat ini. Modal yang dibutuhkan untuk bisa menciptakan UMKM pun dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh seseorang.
Mengikuti alur digitalisasi di era modern ini, konsep UMKM pun tidak selamanya offline. Sekarang, banyak terdapat UMKM dengan konsep online yang berseliweran di media sosial seperti Instagram atau twitter.
Tetapi, tidak selamanya UMKM yang berkonsep offline maupun online ini berhasil untuk dilakukan.
Berdasarkan penjelasan dari seorang Executive Coach bernama Budi Satria Isman, UMKM dengan konsep online tidak memiliki format barang yang sesuai dengan kebutuhan target pasar di dalam jaringan.
Baca Juga: Ekspor Kopi Diharapkan Mampu Bangkitkan Ekonomi Sumsel
Oleh karena itu, pemahaman mengenai keterampilan fundamental UMKM harus ditingkatkan oleh pemilik bisnis.
Melalui webinar 'Pertamina UMK On Air Pre Event GBBI SMEXPO 2021', Budi menjelaskan tentang keterampilan fundamental tersebut.
Keterampilan Fundamental UMKM
Keterampilan fundamental UMKM yang pertama harus dipelajari terlebih dahulu adalah memahami kebutuhan konsumen.
Dengan memahami kebutuhan konsumen, pemilik UMKM dapat mengetahui barang atau jasa apa yang sedang diinginkan atau dibutuhkan oleh para konsumen.
Lalu, pilihlah konsumen dari barang atau jasa tersebut yang sesuai dengan target pasar.
Baca Juga: Teten Masduki : Kolaborasi dengan Perpusnas Tingkatkan Literasi UMKM