Find Us On Social Media :
Ilustrasi ibu dan anak (shutterstock)

Agar Tidak Tertekan, Berikut 3 Cara Efektif Memotivasi Anak untuk Berprestasi  

Amir Wiliam - Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:45 WIB

 

Sonora.ID - Dalam mengasuh anak, orang tua pasti menginginkan hal terbaik dan juga menaruh harapan yang besar serta mendorong agar anak bisa selalu berprestasi khususnya dalam hal akademik.

Namun beberapa studi menunjukkan bahwa harapan-hrapan yang diberikan orang tua pada anaknya ternyata bisa berubah menjadi tekanan dalam perspektif anak dan membuat mereka malah sulit untuk berkembang.

Hal ini dikarenakan tekanan yang diberikan dari ekspektasi orang tua bisa membuat mereka stress dan berdampak negatif untuk kesehatan fisik maupun mental mereka.

Apalagi kalau orang tua lebih mementingkan nilai sebagai sebuah tolak ukur dibandingkan empati dan kasih sayang, maka dari itu kita perlu tau bagaimana cara yang tepat dalam mengasuh anak

1. Berikan Contoh

Kebanyakan orang tua yang merupakan kerja keras dan memiliki karir serta pendapatan yang baik sering mendorong anaknya bekerja keras agar bisa meneruskan atau bahkan lebih berhasil dari mereka.

Namun ternyata dorongan untuk selalu bekerja keras malah bisa menghambat pertumbuhan anak dalam keluarga, cobalah untuk memberikan contoh secara berulang-ulang tanpa menegaskan kepada anak bahwa dia harus berkerja keras secara terus menerus.

Contoh dari orang tua sudah cukup menjadi bahan ajar anak agar mereka mencoba mengikuti orang tua.

Baca Juga: 6 Tips Mendidik Anak Agar Berbuat Baik yang Harus Kamu Tahu!