Find Us On Social Media :
5 kebiasaan yang menyebabkan asam lambung naik (https://pixabay.com/photos/disease-the-medicine-health-4392164/)

5 Kebiasaan yang Menyebabkan Asam Lambung Naik, Minum Kopi Salah Satunya!

Gema Buana Dwi Saputra - Selasa, 12 Oktober 2021 | 18:00 WIB

Sonora.ID - Penyakit asam lambung (GERD) merupakan sebuah kondisi cairan dan isi dari lambung kembali naik ke kerongkongan hingga bagian organ mulut. Ini disebabkan oleh kendurnya katup yang memisahkan antara lambung dengan kerongkongan.

Asam lambung menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya, seperti rasa nyeri pada dada ketika cairan tersebut naik (heartburn) dan rasa pait juga asam yang mendominasi bagian mulut.

Tentu, asam lambung akan mengganggu aktivitas sehari-hari ketika sedang kambuh. Oleh karena itu, penderitanya harus sangat memperhatikan kebiasaan sehari-hari agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Untuk mencegahnya, berikut adalah 5 kebiasaan yang menyebabkan asam lambung kambuh:

1. Terlalu Banyak Makan

Berdasarkan penjelasan dr. Santi di program Health Corner milik Sonora FM, terlalu banyak makan dapat menyebabkan asam lambung terjadi.

Hal ini disebabkan oleh perut yang menjadi renggang, sehingga menyebabkan tekanan terjadi kepada sfingter esofagus bagian bawah (LES).

LES merupakan katup yang memisahkan lambung dengan kerongkongan. Oleh karena itu, tekanan yang terjadi pada bagian LES akan menyebabkan kebocoran yang membuat cairan dan isi lambung naik ke kerongkongan.

Jadi, hindari makan terlalu banyak. Kurangi juga makan terlalu banyak karbohidrat agar tidak menyebabkan kembung pada bagian lambung yang dapat menyebabkan kebocoran.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru! Ini Perbedaan Asam Lambung dan Penyakit Maag