Find Us On Social Media :
4 langkah menjaga kesehatan lansia (https://pixabay.com/photos/runner-marathon-elderly-man-summer-6006534/)

Tubuh Tetap Bugar dan Fit, Ini 4 Langkah Menjaga Kesehatan Lansia

Gema Buana Dwi Saputra - Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Sonora.ID - Seiring berjalannnya waktu dan bertambahnya usia, seseorang akan mengalami perubahan fisik juga mental. Ini merupakan hal yang wajar untuk terjadi karena pada hakikatnya, manusia akan mengalami penuaan dan masuk ke tahap lansia.

Menjadi lansia akan membuat seseorang tidak lagi memiliki tubuh yang fit. Fungsi fisik menjadi berkurang akibat adanya perubahan-perubahan yang terjadi dalam tubuh.

Perubahan-perubahan tersebut meliputi bagian tulang. Ketika sudah lansia, keadaan tulang akan jauh lebih keropos (osteoporosis) yang meningkatkan potensi patah tulang.

Selain itu, perubahan pada indra perasa dan peraba pun menjadi lemah. Seseorang yang sudah lansia tidak akan memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap rasa dan juga sentuhan.

Terjadi juga perubahan pada sistem saraf dan otak ketika sudah memasuki fase lansia. Terdapat beberapa kerusakan yang menyerang sel saraf dan otak, sehingga tidak jarang para lansia akan mengalami pikun.

Meskipun mengalami perubahan-perubahan yang memengaruhi fungsi fisik dan mental, para lansia tidak boleh mengabaikan kesehatannya sendiri. 

Kesehatan tetap harus dijaga agar proses penuaan tidak banyak mengganggu fungsi fisik dan mental, sehingga tubuh akan tetap terasa bugar dan fit.

Apa saja langkah yang dapat dilakukan oleh lansia dalam menjaga kesehatannya di usia tua? Berikut 4 langkah menjaga kesehatan lansia yang dapat diterapkan dalam sehari-hari.

Baca Juga: Mind Body and Soul: Cerita dan 3 Tips Gaya Hidup Sehat ala Andien