Find Us On Social Media :
Peresmian Rumah Tunggu Kelahiran (RTK+) di Kabupaten Gowa (Humas Pemkab Gowa)

Rumah Tunggu Kelahiran di Gowa Mulai Beroperasi, Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Dian Mega Safitri - Rabu, 24 November 2021 | 16:15 WIB

Gowa, Sonora.ID - Pemerintah Kabupaten Gowa mulai mengoperasikan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK+) Appasalama sebagai upaya menekan tingginya angka kematian ibu dan bayi.

Kehadiran RTK+ tersebut merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Gowa dengan berbagai lembaga.

Lokasi RTK+ tersebut berada di Perumahan Griya Indira II Jalan Gassing Dg Tiro Batangkaluku atau berhadapan dengan RSUD Syekh Yusuf.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, RTK+ nantinya berfungsi untuk menampung ibu hamil yang akan melahirkan beserta keluarganya dengan jumlah maksimal dua orang. Mereka pun akan diawasi langsung oleh bidan yang ditugaskan selama 24 jam.  Khususnya bagi ibu yang tinggal di daerah jauh.

Priska menuturkan, hadirnya RTK+ tersebut sangat penting sebab angka kematian ibu melahirkan di Kabupaten Gowa masih cukup tinggi.

"Kenapa harus ada RTK+ karena angka kematian ibu melahirkan di Indonesia masih cukup tinggi sehingga menjadi perhatian bersama. Termasuk di Kabupaten Gowa yang merupakan wilayah terbesar kedua di Sulsel," ungkap Priska, Rabu (24/11/21).

Tujuan RTK+, lanjut Priska, yakni mendekatkan akses kesehatan dan mencegah terjadinya penanganan kegawatdaruratan bagi ibu hamil, bersalin, nifas maupun bayi yang baru lahir. Seluruh layanan di RTK+ ini akan ditanggung sepenuhnya oleh Jampersal hingga persalinan.

Baca Juga: Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Kota Bandung Sosialisasikan KBPP