Find Us On Social Media :
kegiatan BI Refreshment yang digelar Kpw. BI Kalsel, akhir pekan lalu (istimewa)

KPW BI Kalsel Dorong Pelaku UMKM Maksimalkan Peran e-Commerce

Fakhrurazi - Senin, 6 Desember 2021 | 11:40 WIB

Banjarbaru, Sonora.IDBank Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan (BI KPW Kalsel), menyebut masih banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum memanfaatkan e-Commerce dalam memasarkan produknya.

Dengan kata lain, hasil produk UMKM hanya dipasarkan secara konvensional, yakni di toko-toko atau paling banter menggunakan media sosial.

Kondisi itu disampaikan Ekonom Ahli Kelompok Perumusan KEKDA Wilayah dan Provinsi BI KPw Kalsel, Dadi Esa Cipta, saat kegiatan Refreshment Wartawan di salah satu hotel berbintang di Banjarbaru, 4-5 Desember 2021.

Baca Juga: Menko Airlangga Sebut 38,7 Persen Total Investasi di Asia Tenggara Berasal dari Sektor Digital

Menurut Dadi, banyak keuntungan yang didapatkan penggiat UMKM, jika menjual produknya di salah satu platform online, semisal marketplace. Di antaranya pangsa pasarnya yang lebih luas, atau tidak terbatas dengan calon pembeli yang datang ke toko atau lain sebagainya.

“Kalau dijual di e-Commerce kan produknya itu bisa dilihat tidak hanya di Kalsel, tapi secara nasional bahkan dunia,”

Dengan memanfaatkan e-Commerce, harapan Dadi, pemasaran produk UMKM bisa lebih luas, omzet penjualannya bisa meningkat, dengan catatan UMKM nya harus menjaga kualitas, kesinambungan produksi.