Find Us On Social Media :
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin (Tangkapan Layar/Paramayuda A W)

Wapres Ma’ruf Amin; Semua Agama Tegas Larang Korupsi Umatnya

Paramayudha Adikara - Kamis, 9 Desember 2021 | 16:40 WIB

Sonora.ID - Menutup acara Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2021, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini (9/12/2021), Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan beberapa hal, terkait dengan penanganan korupsi di Indonesia.

Menurut Ma’ruf, korupsi bukan hanya bentuk pelanggaran terhadap hukum dan etika saja, namun lebih dari itu, korupsi bertentangan dengan nilai-nilai hak asasi manusia (HAM) dan keadilan.

Korupsi menurut Ma’ruf juga dapat dikategorikan sebagai ancaman terhadap kemanusiaan, publik, ataupun keberlangsungan bangsa dan negara, karena korupsi merusak sendi-sendi kehidupan dasar masyarakat.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Tegaskan Penerapan Sistem Meritokrasi Pada Manajemen ASN Harus Konsisten

“Tindakan korupsi sungguh tidak hanya bentuk pelanggaran hukum dan etika, namun juga bertentangan dengan HAM dan keadilan. Korupsi merupakan ancaman terhadap kemanusiaan, ancaman terhadap hak publik, dan ancaman terhadap keberlangsungan bangsa, dan negara,” ujar Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam penutupan Hakordia 2021 di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (9/12/2021).

Sebagai bangsa, Indonesia memiliki nilai-nilai religius dan budaya luhur, dimana nilai-nilai tersebut dapat menjadi pengingat yang kuat bagi Bangsa Indonesia, untuk tidak melakukan korupsi.

Bahkan menurut Ma’ruf, semua agama yang ada di Indonesia, tegas melarang umatnya untuk melakukan korupsi, dimana korupsi merupakan sebuah bentuk kezaliman terhadap kepercayaan, amanah, keadilan, dan kesejahteraan.