Find Us On Social Media :
Jasamarga Metropolitan Tollroad menggelar Ngopi atau Ngobrol Pagi bersama Media di Plaza Cililitan, Jakarta, Senin (20/12/21) (Jumar / Radio Sonora)

PT Jasamarga Pastikan Kesiapan Operasi Selama Libur Nataru

Jumar Sudiyana - Senin, 20 Desember 2021 | 18:43 WIB

Jakarta,Sonora.Id - Jasamarga Metropolitan Toll Road memaparkan strategi operasi jalan bebas hambatan selama libur Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Kepala Divisi Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad, Bagus Cahya A.B menyatakan bahwa kesiapan PT Jasa Marga dalam layanan operasi pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Hal itu disampaikan Bagus dalam acara Ngopi (Ngobrol Pagi) bersama awak media di Plaza Cililitan, Jakarta pada Senin, (20/12/21)

"Kami ingin memastikan kesiapan layanan operasi selama Nataru ini. Fokus layanan kami adalah memastikan keselamatan petugas operasional dan para pengguna jalan," kata Bagus.

Bagus menambahkan pada periode Natal dan Tahun Baru, Jasa Marga mengantisipasi kepadatan di Gerbang Tol (GT) Utama dengan menyiapkan langkah peningkatan serta kapasitas transaksi sehingga penurunan angka kepadatan lalu lintas menjadi di bawah 0,8.

Selain itu, pihaknya juga akan menghentikan sementara pekerjaan konstruksi di sepanjang jalan tol selama periode Nataru tersebut.

Baca Juga: Libur Nataru, DAOP 2 Siapkan Lebih dari 1500 Perjalanan Kereta Api

Jasa Marga juga menyiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti CCTV, VMS, VMS Mobile, RTMS, Radio Komunikasi agar terus dioptimalkan untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi.

Guna mengantisipasi potensi kemacetan lalulintas dan upaya rekayasa lalu lintas, Jasa Marga akan melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan, di antaranya Kementerian Perhubungan, Kepolisian, hingga Badan Usaha Jalan Tol.

Penanganan khusus juga dilakukan dalam rangka menghadapi musim hujan dengan menyiagakan personel dan alat berat yang siap siaga selama 24 jam.

"Selama musim hujan kami juga lakukan tindakan pencegahan untuk mengantisipasi genangan air, supaya tidak ada gangguan dan menimbulkan kepadatan," ujarnya.

PT Jasamarga memastikan penerapan protokol kesehatan dalam perjalanan, dengan membuat kebijakan untuk membatasi kapasitas parkir maksimal 50 persen dan pembatasan waktu singgah di rest area. Tidak hanya itu, implementasi aplikasi PeduliLindungi juga akan terus dimaksimalkan.

"Ini salah satu kesiapan kita dalam melayani pengguna jalan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat selama periode libur Nataru," tutup Bagus.