Find Us On Social Media :
Pentingnya kata maaf (freepik.com)

3 Manfaat Minta Maaf ketika Berkonflik, Bukan Sekadar Formalitas!

Prameswari Sasmita - Kamis, 23 Desember 2021 | 18:45 WIB

Sonora.ID - Dalam beraktivitas sehari-hari, setiap manusia sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan orang lain untuk menemani, melengkapi, dan sebagai pemenuhan dalam kebutuhan bersosialisasi.

Tetapi di sisi lain, semakin banyak orang lain di hidup kita, maka semakin besar potensi adanya gesekan dengan orang tersebut, terlebih ketika orang itu sangat dekat dengan kita.

Gesekan, debat, konflik, salah paham, menjadi hal yang biasa ditemukan dalam aktivitas sehar-hari, tak hanya di dalam lingkungan kerja, tetapi juga dalam pertemanan, bahkan di dalam keluarga inti sekalipun.

Pada saat konfik terjadi, salah satu solusi dari konflik tersebut adalah keiklasan untuk meminta maaf.

Berikut ini adalah 3 manfaat minta maaf, bukan sekadar sebagai formalitas!

Kelegaan

Konflik atau hubungan yang tidak baik dengan orang lain, terlebih dengan orang terdekat, menjadi sumber dari beban pikiran, sehingga pada saat ada kata maaf yang terucap, maka konflik menjadi jauh lebih ringan.

Kata maaf tersebut memberikan kelegaan kepada masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya, terlebih jika kamu adalah pihak yang bersalah, ketika kamu mengatakan kata ‘maaf’ dan disabut baik dengan pihak satunya, maka kamu akan merasa kelegaan yang luar biasa.

Dengan demikian, taka da lagi beban pikiran yang sebelumnya menghantui kamu.

Baca Juga: Rayakan Hari Ibu dengan Quality Time, Gisella Anastasia: Maaf ya Nak