Find Us On Social Media :
Edward Tirtanata ()

Dibalik Brand Kopi yang Masuk Daftar Startup ‘Unicorn’ Indonesia 2021

Narum Khoriha - Rabu, 29 Desember 2021 | 11:00 WIB

Sonora.ID – Julukan ‘Unicorn’ adalah sebutan untuk startup yang memiliki nilai valuasi sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar 14,2 triliun rupiah.

Dan di Indonesia sendiri, yang baru-baru ini masuk daftar startup ‘unicorn’ adalah salah satu brand kopi, yaitu Kopi Kenangan.

Resmi masuk startup dengan gelar Unicorn di bulan Desember 2021 ini, Kopi Kenangan memiliki valuasi senilai 14,2 triliun rupiah berdasarkan data dari CBInsight.

Bukan hanya itu saja, bisnis yang bergeran di bidang makanan dan minuman ini juga mendapatkan suntukan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai 1,3 juta triliun rupiah.

Banyaknya pendanaan yang masuk kepada perusahan ini dilihat dari permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portofolionya.

Kenaikan itu juga tidak serta merta karena menu kopi yang paling populer diminati masyarakat Indonesia, tapui adanya tambahan brand serta menu makanan yang masuk satu lingkup perusahaan.

Berdasarkan pengakuan dari CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata bisnis ini menjadi perusahaan pertama yang berhasil menjadi perusahaan New Retail F&B atau bisnis makanan dan minuman yang dapat gelar Unicorn di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Namun, dibalik kesuksesan yang ia raih tersebut, Edward tak selalu hoki dan melewati semua tantangan dengan mudah dalam proses hidup dan bisnisnya ini.

Baca Juga: 3 Pebisnis Muda Sukses Indonesia, Salah Satunya Menyimpan Kisah Haru