Sonora.ID – Beberapa pengusaha mungkin akan mengalami penurunan omzet saat pandemi Covid-19 menyerang. Tapi, hal tersebut tidak berlaku untuk pengusaha keramik asal Salatiga ini.
Usaha Mikri, Kecil dan Menengah atau UMKM yang dijalankannya tetap bertahan melawan pemerosotan ekonomi saat pandemi ini.
Produsen keramik asal Salatiga bernama Roy Wibisono Anang Prabowo mendirikan usaha keramik yang dinamainya Naruna Ceramic.
Lahir di bulan Agustus 2019, usaha yang dibangun Roy Wibisono ini telah meraup banyak keuntungan, hinngga memiliki omzet mencapai 1.900 persen.
Dalam wawancaranya bersama Kompas.id, Roy menjelaskan bahwa ada 5 kekuatan dari UMKM yang ia jalankan.
Yaitu terletak pada riset pasar, kuat pada desain, kuat di marketing, kuat pada produksi serta kuat dalam leadership yang Roy akui itu mengarahkannya pada kenaikan omzet 19 kali lipat lebih banyak walau masa pandemi.
“Leadershipnya ini lah yang akan mengarahkan bagaimana arah Naruna ke depan sehingga setiap saat target kami selalu naik, naik, naik dan naik terus” terang Roy.
Bahkan hingga akhir tahun 2021 kemarin, produk keramik asal Salatiga, Jawa Tengah ini telah merambah ke pasar internasional.
Produk Naruna berhasil diekspor ke berbagai negara, mulai dari Arab Saudi, Qatar, Turki, Hong Kong, Singapura, hingga Australia.
Baca Juga: Sukses di Dunia Bisnis, Kata Tung Dasem Waringin 'Belajar dari Orang yang Benar'