Find Us On Social Media :
Banjir rob di kawasan Prona (dok) (Smart FM Banjarmasin / Juma)

Banjir Rob Banjarmasin: Aman Beberapa Waktu, Waspada Bulan Mei

Jumahudin - Senin, 17 Januari 2022 | 14:10 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID - Masyarakat Banjarmasin tampaknya bisa sedikit lebih lega, dengan kondisi sungai Martapura. 

Pasalnya, kondisi air sungai Martapura dalam beberapa bulan kedepan, diprediksi relatif stabil. Alias tidak terjadi pasang tinggi, seperti pada awal Desember 2021 dan awal Januari 2022 lalu.

"Dari hasil ukur telemetri yang kita miliki selama 2-3 Bulan kedepan, Insyaallah tinggi air sungai Martapura masih kisaran normal," ucap Hizbul Wathoni, Kabid Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, kepada Smart FM Banjarmasin.

Namun demikian, Ia memprediksi, air pasang sungai Martapura yang berpotensi terjadi bakal kembali terjadi pada Mei nanti. Dengan kisaran ketinggian air pasang seperti kejadian pada Desember 2021 lalu, yakni sekitar 2,5 - 2,6 meter. 

Baca Juga: 'Sentilan' Warga Banjarmasin Tutup Lubang Drainase Menganga

Sedangkan pada saat itu, status siaga darurat kebencanaan telah berakhir. Sesuai Surat Keputusan (SK) Wali Kota yang berakhir pada Maret 2022.

"Tapi karena kami prediksi pada bulan Mei itu curah hujannya rendah, Insyaallah dampaknya tidak seluas seperti awal Desember 2021," jelasnya.

"Berbeda dengan kejadian Desember 2021, banjir rob dan curah hujannya sama-sama tinggi. Insyaallah tidak terulang kejadian banjir seperti awal tahun lalu," sambungnya lagi.

Ia memaparkan, sejauh ini mitigasi bencana terus dilakukan. Misalnya di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang selalu memantau kondisi sungai.

Sementara di Bidang Sungai PUPR, pihaknya menurut Thoni telah mengoptimalkan pasukan turbo untuk membersihkan saluran drainase.