Find Us On Social Media :
Ilustrasi covid-19 varian omicron (Tribunnews)

Seorang WNA di Medan Positif Omicron

Rini Aprianty - Jumat, 21 Januari 2022 | 12:15 WIB

Medan, Sonora.ID - Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi membenarkan adanya warga negara asing (WNA) di Sumut terpapar varian Omicron.

Warga Negara (WN) Inggris itu sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Royal Prima Medan awal januari 2022, sebelum terbukti positif terpapar Covid-19 varian Omicron.

"Tapi secara ril, kita baru temukan ada orang luar datang naik pesawat, datang kemari, sakit, diobati, diisolasi dan hasilnya baru keluar, dia varian Omicron," ungkap Edy, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Kamis (20/1/2022).

Namun, Edy menjelaskan bahwa pasien WN Inggris tersebut telah sembuh, setelah hasil PCR terbarunya dinyatakan negatif Covid-19. Dan kini telah kembali ke negara asalnya.

Pasca-temuan adanya varian Omicron itu, maka Edy menyatakan pihaknya mulai terus menggalakkan testing dan tracing demi mengantisipasi semakin meluasnya varian tersebut di Sumut.

"Yang perlu saya sampaikan, dikejar tracing dan testing terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan orang tersebut. Tapi saat ini orang luar itu sudah kembali ke negaranya," jelas Edi, seperti dikutip dari medan.tribunnews.com.

Baca Juga: Kasus Varian Omicron Meningkat, Menkes Budi Ingatkan 3 Hal

Kru Pesawat Kargo

WN Inggris yang dinyatakan positif itu ternyata salah satu kru pesawat kargo dan sempat singgah di Hotel Horison Kualanamu, sebelum akhirnya harus menjalani perawatan dan diisolasi di RS Royal Prima, Medan pada awal Januari 2022 lalu.

Lantaran PCR-nya menunjukkan hasil positif Covid-19. Selanjutnya tim medis di RS Royal Prima langsung mengirimkan sampel WN Inggris tersebut ke Balitbang Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Pelaksana Harian (Plh) Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut, Nora menyebutkan bahwa hasil pemeriksaan laboratorium WN Inggris tersebut baru diketahui hari ini karena baru mereka terima dari Balitbang Kesehatan Jakarta pada hari ini.

Nora menyebutkan, begitu WN Inggris tersebut dinyatakan positif Covid-19, pihaknya langsung melakukan tracing dan testing terhadap seluruh kontak erat sang pasien. Hasilnya sebanyak 14 orang yang menjalani PCR, seluruhnya menunjukkan negatif Covid-19. (R.a/trbmdn)