Find Us On Social Media :
Ilustrasi berdonasi (Freepik)

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Berdonasi Barang

Adelia Puspita Sari - Kamis, 10 Februari 2022 | 21:05 WIB

Sonora.ID - Saat membersihkan dan menata ulang barang di rumah, terkadang sulit dan membingungkan saat harus membuat keputusan untuk memilah mana yang barang yang harus di simpan dan dibuang.

Untuk memudahkan dalam memilih, Anda bisa menggunakan teknik “simpan”, “singkirkan”, dan “donasi”. Namun untuk dua pilihan terakhir cukup membingunkan.

Dalam membantu Anda dapat memberikan barang yang tepat, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin memberikan barang.

Tanyakan Pada Diri Sendiri

Sebelum Anda memutuskan untuk mendonasikan barang atau pakaian kepada orang lain, tanyakan pada diri Anda sendiri apakah barang tersebut masih bisa digunakan orang lain atau tidak. Jika iya, singkirkan ke kotak yang berisi barang-barang yang ingin di sumbangkan.

Baca Juga: 5 Hadiah Paling Cocok dengan Simbol Kebaikan di Peraayaan Imlek

Jual Pakaian yang Masih Bagus

Jika pakaian masih dalan kondisi yang bagus dan layak di pakai, pertimbangkan kembali untuk menjualnya.

Jangan Beri Pakaian yang Rusak

Jangan memberikan pakaian yang rusak ke badan amal, karena pakaian tersebut tidak akan digunakan karena rusak / tidak layak untuk di pakai. Sebaiknya pikirkan dan pilah mana yang bisa didonasikan dan mana yang harus dibuang.

Jangan Lupa Daur Ulang

Ada beberapa barang yang berakhir menjadi tumpukan sampah sebenarnya masih dapat di daur ulang loh. Begitu pun pakaian yang tidak digunakan lagi dapat di daur ulang kembali.

Baca Juga: 10 Pohon Pembawa Petaka dan Mengundang Makhluk Halus di Rumah, Segera Singkirkan!