Find Us On Social Media :
Perusahaan Jamin Pusat Kontrol, LRT Jabodebek Siap Diujicoba ()

Perusahaan Jamin Pusat Kontrol, LRT Jabodebek Siap Diujicoba

Indra Gunawan - Selasa, 15 Maret 2022 | 12:30 WIB
 
Bandung, Sonora.ID - PT Len Industri (Persero) memastikan Operation Control Centre (OCC) LRT Jabodebek siap digunakan untuk uji coba, seiring target operasional LRT Jabodebek pada akhir September 2022 mendatang.  

Pusat operasi dan kontrol ini menggunakan perangkat canggih untuk mendukung sistem operasi dan persinyalan LRT Jabodebek secara maksimal. 

Direktur Strategi Bisnis & Portofolio PT Len Industri (Persero) Linus Andor Mulana Sijabat mengatakan, PT Len Industri sejak awal terlibat dalam pembangunan pusat operasi dan kontrol di Depo LRT Jabodebek di Jatimulya, Bekasi.

OCC ini berfungsi sebagai monitoring sistem persinyalan, power system, dan pusat telekomunikasi berbasis CCTV. 

"Kami bertanggung jawab terhadap design engineering hingga instalasi jaringan dan semua perangkat OCC LRT Jabodebek. Juga terminasi ER (Equipment Room) ke perangkat persinyalan outdoor. Saat ini, progresnya telah mencapai 98 persen dan dalam tahapan pengetesan integrasi," ucap Linus, seperti dikutip dari siaran pers PT. Len Industri yang diterima Sonora Bandung, Selasa (15/3/2022).

Menurutnya, OCC tersebut memiliki peran  vital dalam mendukung operasi LRT Jabodebek.

Sistem hardware dan software yang digunakan adalah teknologi canggih yang memenuhi kualifikasi standar keselamatan internasional.

Apalagi, LRT Jabodebek nantinya akan beroperasi secara driverless atau tanpa pengemudi. 

OCC LRT Jabodebek terdiri atas bagian kontrol dan monitoring untuk persinyalan, power system, dan CCTV terpusat dengan sistem telekomunikasi yang menghubungkan seluruh stasiun LRT. 

Baca Juga: Jaga Listrik Saat Lonjakan Kasus, PLN Kerahkan 2.356 Petugas

Seperti dijelaskan, pada layar video-wall OCC, bagian kanan atas adalah kontrol persinyalan.

Layar ini berfungsi untuk memantau persinyalan di dalam kereta dan semua track lintasan serta depo LRT Jabodebek.