Find Us On Social Media :
Waduk Gajah Mungkur (solo.tribunnews.com)

Telan Dana 9 M, Jembatan Kaca Akan Dibangun di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Indah Suci Melati - Senin, 21 Maret 2022 | 15:05 WIB

 

Wonogiri, Sonora.ID- Waduk Gajah Mungkur Wonogiri akan memiliki jembatan kaca yang menjorok ke laut.

Hal ini diumumkan oleh Heru Utomo, penanggung jawab R&D Bapada Wonogiri.

Menurut Heru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Umum (PUPR) telah menyetujui pembangunan infrastruktur perumahan untuk mendukung Waduk Gajah Mungkur.

"Nilainya belum dipastikan pasti, tapi paling tidak nenek moyangnya sekitar Rp 28 miliar," ujarnya kepada TribunSolo.com, Sabtu (19/03/2022).

Heru mengatakan Wahyu Kusumosutanto, Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Direktorat Jenderal Pembangunan Perumahan (PKP) Kementerian PUPR,  juga meninjau langsung  Waduk Gajah Mungkur.

Baca Juga: Harga Pakan Ikan Nila Melonjak , Pembudidaya Ikan Nila di Waduk Gajah Mungkur Keluhkan Penjualan hasil Panen

Ia mengatakan juga sedang dibahas untuk menggunakan anggaran sebesar Rp 28 miliar untuk merevitalisasi tempat wisata terkenal pemerintah Wonogiri.

Menurut dia, anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan di beberapa titik  di Zona 1 yang memiliki luas lahan sekitar 10,9 hektar.

Heru menjelaskan, pembangunan tersebut meliputi teras tepi pantai, jembatan ikonik  di atas air, dan berbagai infrastruktur lainnya.

“Jembatan ikonik ini nantinya menjadi magnet tersendiri,” jelasnya.

Pasalnya, biaya pembangunan jembatan ikonik  itu  sekitar Rp 89 miliar. Jembatan itu menjorok ke dalam air dan transparan karena bagian bawahnya terbuat dari kaca.

“Bagian jembatan yang menjorok ke air ini terbuat dari kaca, jadi bisa dilihat langsung dari air yang ada di waduk,” jelasnya.

Selain itu, ketika ditanya kapan  proyek tersebut akan dilelang, Hell mengatakan lelang akan menunggu konsep matang.