Find Us On Social Media :
Ilustrasi tradisi lebaran terunik di dunia (unsplash.com)

Arti dan Makna di Balik Ucapan 'Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin', Jangan Sampai Salah Mengartikan!

Sienty Ayu Monica - Senin, 2 Mei 2022 | 15:25 WIB

Sonora.ID – Ketika kita memasuki Hari Raya Idul Fitri, biasanya kita sering mengucapkan kalimat 'minal aidin wal faizin' dan diiringi dengan frasa 'mohon maaf lahir dan batin', lantas apa arti sesungguhnya dari ucapan tersebut?

Banyak orang yang menganggap bahwa kalimat 'minal aidin walfaizin' adalah sebagai permohonan maaf, apakah begitu faktanya? Simak ulasannya di bawah ini.

Arti dan makna dari 'minal aidin wal faizin'

Melansir dari kompas.com, Guru Besar Peradaban Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, Syamsul Bakri menjelaskan makna dari kalimat 'minal aidin wal faizin'.

Ia menuturkan, minal aidin wal faizin merupakan penggalan dari sebuah doa, yakni ja’alanallaahu minal ‘aidin wal faizin.

Baca Juga: Alhamdulillah Berkah Ramadhan, Rezeki 3 Zodiak Ini Meroket Pesat setelah Lebaran, Yuk Bersyukur!

Artinya, "Semoga Allah menjadikan kita kembali ke fitrah dan orang yang memperolah kemenangan."

Ja’alanallaahu dihilangkan dan jadinya minal aidin wal faizin, maksudnya semoga kita termasuk orang yang kembali ke fitrah. Aidin itu kembali, faizin itu kemenangan,” kata dia pada Jumat (29/4/2022) siang.

Namun di Indonesia, banyak salah kaprah yang mengartikan minal aidin wal faizin sebagai permohonan maaf lahir dan batin.

Padahal menurut Syamsul, dua kalimat tersebut hanya kalimat yang terbiasa disandingkan dan sebenarnya tidak memiliki hubungan.