Find Us On Social Media :
Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil saat jumpa pers usai pembukaan KKJ-PKJB 2022, Sabtu (14/5/2022). (Sonora.ID/Indra Gunawan)

KKJ-PKJB 2022 Disebut Jadi Ajang Promosi Produk-Produk Premium UMKM

Indra Gunawan - Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:10 WIB

Bandung, Sonora.ID - Sebagai bentuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dab Bangga Berwisata di Indonesia, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Kamil sangat mengapresiasi event tahunan yang sudah empat kali digelar, yaitu Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) tahun 2022 yang bertema "Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi yang Berkelanjutan".

"Saya sangat mengapresiasi kolaborasi Bank Indonesia dengan Pemprov Jabar dalam pelaksanaan kegiatan KKJ-PKJB 2022. Walau demikian, kami sangat siap mendukung kerjasama ini untuk sebuah event yang sangat luar biasa karena mampu menghadirkan puluhan UMKM terpilih dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat," ucap Atalia saat jumpa pers usai pembukaan KKJ-PKJB 2022 di Trans Convention Center Bandung, Sabtu (14/5/2022).

Lebih lanjut dikemukakan bahwa secara menyeluruh ada 12.000 UMKM yang mengikuti KKJ-PKJB 2022, namun hanya 87 UMKM terpilih yang dihadirkan dalam event yang berlangsung dari 14-16 Mei 2022 tersebut.

"Event ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam mempromosikan produk unggulan berbahan ramah lingkungan," kata Atalia.

"Apalagi UMKM unggulan Jabar tersebut sangat beragam, seperti dari produk kriya, fashion, craft, kuliner, kopi dan teh, serta pariwisata khas Jawa Barat," ungkapnya.

Baca Juga: 15 Ton Beras Zakat Fitrah Disalurkan Rumah Amal Salman Bandung ke 4 Provinsi

"Jadi dua kegiatan kami gabungkan sehingga kami bisa libatkan lebih banyak lagi stakeholder, termasuk juga dalam kegiatan ini ada 27 Kabupaten yang juga ikut serta, termasuk juga bersama dengan 56 OPD yang ada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat," imbuhnya.

Atalia melanjutkan, dengan banyaknya pihak yang terlibat, maka informasi terkait promosi produk, juga budaya dan pariwisata, bisa menyebar sampai ke seluruh Jawa Barat.

Pihaknya berharap kerjasama ini juga bisa berlangsung untuk tahun-tahun berikutnya.

"Mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut bahkan di event-event lainnya yang melibatkan produk-produk kreatif dan unggulan dari UMKM-UMKM yang ada di Jawa Barat," pungkasnya.