Find Us On Social Media :
Direktur corporate communications Kompas Gramedia Glory Oyong bersama Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam pembukaan pameran ilustrasi oleh Bentara Budaya di Bogor Creative Center (BCC), Sabtu (21/05/2022) (Sonora FM Jakarta/ Lia Muspiroh)

Bentara Budaya Ggelar Pameran Ilustrasi dalam Rangkaian Ulang Tahun ke-40

Lia Muspiroh - Minggu, 22 Mei 2022 | 07:15 WIB

Sonora.ID - Direktur corporate communications Kompas Gramedia Glory Oyong mengatakan dalam rangkaian menuju usia ke-40, Bentara Budaya menggelar pameran ilustrasi. 

Kota pertama yang jadi tempat pelaksanaan pameran adalah Bogor, dimulai dari 21 Mei 2022, dibuka oleh Walikota Bogor Bima Arya, dan akan berlangsung hingga 29 Mei 2022 di Bogor Creative Center. 

Dalam kesempatan ini Glory berharap agar pesan yang dimaksud dapat tersampaikan, baik ke pada masyarakat bahwa ilustrasi tak hanya sekedar cover buku, maupun juga untuk ilustrator bahwa mereka memiliki tempat di masyarakat. 

"Ilustrasiana ini mengangkat seni yang barang kali jika orang melihatnya ilustrasi itu banyak sebagai gambar, cover buku, grafis saja, tapi ilustrasi lebih dari itu. Ilustrasi tidak sekedar dua dimensi ada juga ilustrasi hadir dalam tiga dimensi dan beragam media"

"Hadir dalam bentuk figura, dalam bentuk kaos, dalam bentuk pajangan, dan lainnya, inilah betapa kaya seni ilustrasi kita," kata Glory Oyong.

Baca Juga: Kontribusi Kompas Gramedia dalam Rangka HUT ke-205 Kebun Raya Bogor melalui Donasi Buku

Dalam kesempatan yang sama Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan hal serupa, sama halnya dengan sejarah yang tidak boleh hanya berhenti dalam bentuk dokumen di perpustakaan, tapi dihidupkan melalui berbagai ilustrasi keseharian. 

"Tapi harus dihidupkan lewat apa, lewat lukisan, lewat ilustrasi-ilustrasi, lewat bahan-bahan yang bisa kita lihat di kaos sehari-hari, baju, patung, dan lain sebagainya" Ucap Bima Arya. 

"Saya berterima kasih kepada Bentara Budaya yang menjadikan kota Bogor sebagai kota yang pertama dan menghidupkan Bogor Creative Center ini," tambah Bima Arya

Di samping itu Ketua Bidang Program Bentara Budaya, Ika W Burhan mengatakan pameran ilustrasi akan hadir di kota-kota lainnya seperti Bandung, Ambon, Yogyakarta dan akan berakhir di Bentara Budaya Jakarta pada akhir September nanti. 

Untuk Bogor, terdapat 18 seniman atau ilustrator yang akan memamerkan sekitar 44 karya di Bogor Creative Center. Dapat dikunjungi masyarakat secara gratis, setiap hari sampai 29 Mei 2022, dibuka mulai pukul 10:00 hingga pukul 17:00.

Baca Juga: Komitmen Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dalam Mendukung Pembangunan Jamban Sehat