Find Us On Social Media :
Danny Pomanto, Wali Kota Makassar (Sonora.ID)

Ini Alasan Wali Kota Makassar Ubah Arus Lalu Lintas di Anjungan Pantai Losari

Muhammad Said - Selasa, 31 Mei 2022 | 15:45 WIB

Makassar, Sonora.ID - Warga yang terbiasa melintas di sekitar anjungan pantai losari perlu bersiap menghadapi perubahan lalu lintas.

Seperti di jalan penghibur. Jika sebelumnya dari arah selatan ke utara, ke depan akan berbalik dari utara ke selatan.

Jalur lainnya di Jalan Haji Bau, berubah menjadi barat ke timur. Termasuk Jalan Lamadukelleng, dari arah selatan ke utara.

Kebijakan ini dinamai New Traffic Management (NTF). Wali Kota Makassar, Danny Pomanto saat ditemui menyampaikan alasan langkah itu diambil, Selasa (31/5/2022).

Ini mempertimbangkan hasil kajian bersama tenaga ahli dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Hasilnya, diprediksi akan terjadi bangkitan transportasi sebagai dampak masifnya pembangunan perumahan di kawasan pesisir.

"Jadi saya diskusi tenaga ahli dari Unhas, kebetulan ketua MTI (masyarakat transportasi Indonesia). Hasilnya adalah kita akan mengakselerasi yang sedikit belum tertampung seperti tata ruang baru kita misalnya kawasan reklamasi pantai yang sudah jalan sekarang CPI," ujarnya, Selasa (31/5/2022).

Termasuk, memperhitungkan warga luar yang masuk Makassar dan bertambahnya jumlah penduduk. Ini berpotensi membuat kemacetan yang semakin parah.

"Itu semua harus dihitung, bahwa penduduk kota Makassar itu 1,5 tapi bisa saja 3 sampai 4 juta jangan sampai seperti di Jakarta tidak pernah diprediksi 10 juta. Makassar ini kan didesain dengan 400 ribu saja penduduk, sekarang sudah 1,5 juta besok-besok bisa sampai 3 juta. Itu harus diprediksi," sambungnya.

Baca Juga: Dukung Sektor Maritim, PLN Hadirkan 51 unit ALMA di Pelabuhan

Sementara kepala Dinas Perhubungan Makassar, Iman Hud dimintai penjelasan saat dikonfirmasi terpisah.

Ia mengatakan, perubahan arus lalu lintas tersebut bakal diujicobakan dalam waktu dekat.

Langkah ini dilakukan agar lebih teratur dan mengurangi kemacetan atau penumpukan kendaraan dari berbagai jalur di dekat anjungan pantai losari.

"Dengan begitu pengaturan ini sedang dalam tahap pengkajian seperti apa penerapan arus lalu lintas di sana. Sebab jalur ini kembali menjadi pusat berbagai kegiatan pasca Pandemi," tutupnya.