Find Us On Social Media :
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan keuangan untuk Kabupaten Wajo (Dok Humas Pemprov Sulsel)

Pemprov Sulsel Bantu Wajo Kembangkan Industri Sutera, Alokasikan Anggaran 7 Miliar

Dian Mega Safitri - Selasa, 21 Juni 2022 | 14:57 WIB

Makassar, Sonora.ID - Pemprov Sulsel berkomitmen mengembalikan kejayaan sutera di Sulawesi Selatan. Kabupaten Wajo merupakan salah satu daerah sentra penghasil sutera yang menjadi perhatian.

Secara khusus, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan keuangan Pemprov Sulsel tahun ini untuk Kabupaten Wajo senilai Rp7 Miliar.

Bantuan tersebut diterima langsung Bupati Wajo, Amran Mahmud di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (20/6/2022) kemarin.

Andi Sudirman mengatakan, bantuan keuangan tersebut salah satunya untuk mendukung pengembangan industri sutera di Kabupaten Wajo.

Selain itu, bantuan juga dialokasikan untuk penanganan jalan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Bangun Rumah Produksi, Sulsel Target Hasilkan 15 Ton Benang Sutra

“Industri sutera sudah menjadi usaha dan kerajinan turun temurun bagi masyarakat Wajo. Ini lah kita ingin mengembangkan sutera di Wajo,” ujar Andi Sudirman.

Saat ini, kata dia, Pemprov Sulsel melalui Dinas Perindustrian telah membangun Rumah Produksi pemintalan benang sutera di Kabupaten Wajo. Ia mengaku, investor mulai menjajaki kerjasama untuk pengembangan Sutera tersebut.

Terlebih lagi, Pemprov Sulsel melalui Dinas Perindustrian telah membangun Rumah Produksi Pemintalan di Kabupaten Wajo. Selain itu, adanya investor yang ingin menjajaki kerjasama untuk pengembangan Sutera.

“Kita ingin mengembalikan kejayaan sutera di Kabupaten Wajo. Kita sudah ada pabrik (rumah pemintalan), dan ada investor masuk,” katanya.

Olehnya itu, dirinya berharap, bantuan keuangan yang diberikan dapat berdampak dalam menggeliatkan ekonomi masyarakat setempat. Utamanya, para pengrajin sutera.

Baca Juga: Syarat Vaksinasi Booster Tidak Wajib, TPP ASN Pemprov Sulsel Tuntas Dibayar Pekan Ini