Find Us On Social Media :
General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan saat meninjau Istora Senayan, Hall Basket Senayan, dan GBK Arena untuk perhelatan FIBA, Kamis (29/6/22) (Humas PLN)

PLN Suplai Energi Hijau ke Istora Senayan Guna Sukseskan Ajang FIBA

Jumar Sudiyana - Jumat, 1 Juli 2022 | 08:02 WIB

Jakarta,Sonora.Id - PLN siap memasok energi hijau untuk ajang bergengsi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) Asia Cup yang akan berlangsung pada 12-24 Juli 2022 di Istora Senayan Jakarta. PLN telah bekerjasama dengan GBK dalam penyediaan tenaga listrik untuk kegiatan di lingkungan GBK. Sehingga setiap kegiatan yang dilaksanakan menggunakan energi listrik ramah lingkungan dari PLN, tanpa polusi udara dan suara dari generator set.

PLN juga siap menjamin energi hijau yang dipakai dalam perhelatan bergengsi tersebut dengan produk Renewable Energy Certificate (REC), dimana Energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan (EBT) yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, USA. Sehingga penyelenggara event  dapat membuktikan eksistensinya dalam berkontribusi mengurangi emisi karbon dengan menggunakan energi yang berasal dari pembangkit EBT di Indonesia.

Ada tiga lokasi yang menjadi prioritas PLN menyuplai gelaran bergengsi Fiba Asia Cup ini, yaitu Istora Senayan, Hall Basket Senayan, dan GBK Arena. Tidak hanya lokasi pertandingan dan latihan, Hotel Fairmont dan Hotel Santika Slipi pun tidak luput menjadi prioritas penjagaan PLN yang digunakan untuk penginapan atlet.

Dalam kunjungan inspeksi keandalan pasokan listrik untuk gelaran FIBA, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan mengatakan, “Selain listrik yang ramah lingkungan, PLN siap menjaga keandalan listrik di gelaran internasional FIBA Asia Cup 2022 ini dengan perkuata  di sisi transmisi maupun distribusi, kami full support."

Sebagai perkuatan keandalan, PLN menyiapkan Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan total daya sebesar 1.300 KVA dan Unit Gardu Bergerak (UGB) dengan total daya sebesar 2.000 KVA. Dari sisi kesiapan petugas, sebanyak 399 personil siap menjaga keandalan mulai dari pengatur operasi, pembangkitan, transmisi gardu induk, dan distribusi. Petugas bersiaga secara bergantian untuk memastikan suplai listrik dan keandalan jaringan untuk mendukung kesuksesan acara Fiba Asia Cup 2022 ini.

FIBA Asia Cup 2022 akan diikuti 16 tim yang sudah lolos Kualifikasi FIBA Asia Cup. Indonesia merupakan tim pertama yang mengunci satu tempat di FIBA Asia Cup 2022 sebagai tuan rumah penyelenggara kompetisi, yang akan membawa harum nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Sebelum FIBA Asia Cup dimulai tanggal 12 Juli 2022, awal Juli akan diawali dengan Qualifikasi FIBA World Cup yang diselenggarakan pada tanggal 1 Juli dan 4 Juli 2022.


"Seperti tim Basket Indonesia, PLN UID Jakarta Raya juga selalu berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan yang andal untuk setiap kesuksesan event, baik event nasional maupun internasional sehingga bisa mengharumkan Indonesia," tambah Doddy.

Pasokan listrik Jakarta disuplai dari enam subsistem dengan total kapasitas 8.120 MW. Saat ini cadangan pasokan listrik masih 34% sehingga sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik event-event di Jakarta.