Find Us On Social Media :
Perwakilan Kalimantan Barat di ajang Sarasehan Petani Milenial 2022. (Ismail)

Mantap, Kalbar Raih Enam Penghargaan Tingkat Nasional Ajang Sarasehan Petani Milenial 2022

Indri Rizkita - Rabu, 31 Agustus 2022 | 12:10 WIB

Sonora.ID - Perwakilan Kalimantan Barat mendapatkan enam penghargaan tingkat nasional pada ajang Sarasehan Petani Milenial 2022.

Sarasehan Petani Milenial 2022 sendiri, merupakan ajang untuk menumbuhkan wirausaha muda pertanian dan mendukung penguatan ketahanan pangan.

Adapun penerima penghargaan berprestasi tingkat nasional tersebut satu diantaranya, BPP Sebangki Kabupaten Landak Ibu Nina, Penyuluh Pertanian Mulyati, Mempawah. 

Kemudian Gapoktan Sempurna Usman Sambas, Petani Teladan Ibu Ningsih Sambas, KEP TAVIDA, Ella Konstansia, Landak, dan Video Inovasi Darma Irawan Kabupaten Sambas. 

Kepala Desa Matang Segarau Sambas, Ismail, yang juga turut mendampingi untuk hadir pada ajang tersebut merasa bersyukur karena perwakilan dari Kalbar bisa meraih beberapa prestasi, khususnya, Gapoktan dari Sambas yang juga berhasil mendapatkan penghargaan tingkat nasional.

“Alhamdulillah kalau dari Sambas rasanya sangat bersyukur. Pertama kepada Allah SWT, dan kedua bersyukur kepada instansi yang terkait, telah membantu dalam menyukseskan lomba yang ada ditingkat nasional,” ujarnya.

Baca Juga: Gerakan Seniman Masuk Sekolah, Wawako Pontianak: Seniman Penjaga Kelestarian Budaya

Ia menerangkan, berdasarkan arahan dari Menteri Pertanian, dengan adanya inovasi desa, contohnya yang ada di Kabupaten Sambas, diharapkan agar pemerintah daerah juga turut serta untuk mendorong inovasi-inovasi desa yang ada, baik yang telah mendapatkan penghargaan maupun yang belum. 

“Jadi diharapkan oleh Pak Menteri, karena sudah menjuarai tingkat nasional. Jadi diberikan kesempatan dari Pak Menteri kalau bisa dari pemerintah kabupaten, termasuk pemerintah provinsi harus mendorong kegiatan yang ada di Jakarta, termasuk inovasi-inovasi desa yang ada di Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Ismail menambahkan, produk inovasi unggulan Desa Matang Segarau yaitu Kerupuk Kulit Pisang dan Tepung Pisang.

Kedepannya, kata dia akan ada beberapa inovasi-inovasi lain yang akan coba dikembangkan di Desa Matang Segarau.

Baca Juga: Terdampak Permendagri Nomor 52 Tahun 2020, KPU Pontianak Belum Bisa Pastikan Penyebaran TPS di Wilayah Perumnas IV