Find Us On Social Media :
Wagub Kalbar, Ria Norsan, menjadi Inspektur Kemah Bhakti dan Apel besar Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 tingkat kwartir daerah Kalimantan Barat di Bumi Perkemahan Rimba Laing, Desa Temuyuk Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu, pada Selasa (30/8). (Adpim Kalbar)

Jadi Inspektur Kemah Bhakti dan Apel Besar Pramuka, Ria Norsan: Semoga Dapat Terus Mengabdikan Diri di Masyarakat

Indri Rizkita - Rabu, 31 Agustus 2022 | 13:00 WIB

Kapuas Hulu, Sonora.ID - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, menjadi Inspektur Kemah Bhakti dan Apel besar Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 tingkat kwartir daerah Kalimantan Barat di Bumi Perkemahan Rimba Laing, Desa Temuyuk Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu, pada Selasa (30/8).

Dengan peringatan yang ke-61 ini, Norsan berharap kedepannya gerakan Pramuka semakin jaya dan dapat terus mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat yang memerlukan pertolongan. 

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kepada Pengakap dari Negeri Sarawak yang telah hadir dalam kegiatan ini kami mengucapkan terima kasih atas perkenannya hadir di Bumi Uncak Kapuas ini dan mudah-mudahan kami nanti dapat membalas untuk berkunjung ke Negeri Sarawak,” ucapnya.

Organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana telah genap berusia 61 Tahun, tahun ini juga sekaligus memperingati 110 Tahun keberadaan Gerakan Kepanduan di bumi Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1912. 

Adapun tema utama pada peringatan Hari Pramuka ke-61 dan seluruh kegiatan tingkat nasional tahun ini yaitu "Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa".

“Pengabdian yang telah kita lakukan selama ini tentunya sudah tertuang pada pendidikan dalam gerakan Pramuka sejak usia dini, yakni Pramuka siaga karena adik-adik semua telah diajarkan dan dilatih dalam memberikan perhatian, membantu kepada siapa saja yang membutuhkan pertolongan dari ruang lingkup keluarga hingga masyarakat. Semoga adik-adikku nanti menjadi orang hebat di Kalimantan Barat ini. Saya juga mengucapkan terima kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi Covid-19 antara lain kegiatan kedisiplinan Nasional, dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” harap Norsan kepada peserta apel yang terdiri dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

Baca Juga: Wawako Pontianak Sebut Ketersediaan Bahan Pangan Kunci Jaga Harga Pasar Tetap Stabil

Ditempat yang sama, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menyampaikan bahwa Kabupaten Kapuas Hulu merasa terhormat karena menjadi tuan Rumah pada kegiatan Kemah Besar dan Apel besar Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022.

“Ini merupakan kehormatan bagi kami diberi kepercayaan untuk melaksanakan Apel Besar HUT Pramuka ke-61 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022 serta dirangkaikan dengan kegiatan perkemahan Bhakti se-Kapuas Hulu dengan jumlah peserta sebanyak 1.373 orang yang diisi dengan berbagai kegiatan maupun perlombaan,” tuturnya. 

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan Apel Besar Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 kali ini Wakil Gubernur Kalimantan Barat menerima Pingat 100 Tahun Pengakap Malaysia dari Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negeri Sarawak.

Baca Juga: Gerakan Seniman Masuk Sekolah, Wawako Pontianak: Seniman Penjaga Kelestarian Budaya