Sonora.ID – Selain Microsoft Word, para pekerja biasanya juga menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data. Berikut ini beberapa rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja.
Saat ini, banyak pekerjaan yang menyantumkan syarat menguasai Excel untuk para pelamarnya, seperti akuntan, data analyst dan marketing.
Excel digunakan untuk mengelola data sederhana hingga rumit, mengelola teks dan membuat diagram maupun grafik.
Software pengolah angka terbaik buatan Microsoft ini terbukti mampu memudahkan penggunaannya menyelesaikan berbagai tugas.
Seperti membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas data, melakukan perhitungan aritmatika dan statistika, membantu mengelola soal-soal logika dan matematika, sampai membuat bermacam grafik dan diagram.
Baca Juga: Microsoft Excel Jadi Cabang e-Sport Terbaru, Ada Kejuaraannya!
Berikut ini rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja:
1. IF
Rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja pertama adalah IF.
Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.
Rumus IF
IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
Contoh IF
=IF(2<3,"Benar","Salah") > "Benar" =IF(2>3,"Benar","Salah") > "Salah"
2. SUM
Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka.
Rumus SUM
Sum(number1,[number2],..]
Contoh SUM
=sum(2,3,5,6,11) > 28 =sum(a1,a2)