Find Us On Social Media :
Peresmian Kerjasama SIPA Dan IOV Digelar di Hotel Adhiwangsa Solo (Ria FM)

Peresmian Kerjasama SIPA Dan IOV Digelar di Hotel Adhiwangsa Solo

Yasinta Damayanti - Kamis, 15 September 2022 | 15:40 WIB

Solo, Sonora.ID - Kini perjanjian kerjasama (MoU) telah ditandatangani oleh Solo International Performing Arts (SIPA) dengan International Organization of Folk Art (IOV), kerjasama tersebut meliputi kerjasama di bidang kesenian, kebudayaan, dan pendidikan.

Diketahui IOV merupakan sebuah organisasi non-pemerintah, non-profit yang didirikan untuk melestarikan warisan budaya rakyat, IOV telah diakreditasi oleh UNESCO sebagai pusat keahlian untuk warisan budaya tak benda.

Tak hanya itu, IOV memiliki misi melindungi, melestarikan, dan mempromosikan semua bentuk seni rakyat dan budaya rakyat sebagai elemen warisan budaya tak benda untuk mendorong pemahaman dan apresiasi keragaman budaya.

Sementara itu, sebelumnya SIPA dan IOV juga telah menjalin hubungan baik sejak tahun 2013. Hingga tahun ini, akhirnya peresmian kerjasama dengan penandatanganan MoU. MoU ini tentang kerjasama saling mendukung kegiatan kedua organisasi.

Perjanjian kerjasama (MoU) SIPA dan IOV tersebut digelar di Hotel Adhiwangsa Solo pada Selasa, 14 September 2022.Dalam penandatanganan kerjasama (MoU) dilakukan oleh perwakilan antara kedua organisasi, yaitu oleh Direktur SIPA, R.Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn. dan Korea Section Founder sekaligus Sekretaris Umum Regional Asia, IOV (UNESCO-NGO) Dr. MD Moon Hyung Suk. 

Menurut Direktur SIPA R.Ay. Irawati Kusumorasri M.Sn. mengungkapkan tujuan Penandatanganan MoU ini sebagai wujud komitmen SIPA untuk berjejaring, selain itu dapat membuka peluang kerjasama dengan festival dunia lainnya melalui IOV yang jaringannya mendunia.

"Kerjasama ini wujud komitmen SIPA untuk berjejaring dan membuka peluang kerjasama dengan festival dunia lainnya melalui IOV yang jaringannya mendunia,” jelasnya.

Sementara itu, Dr. MD Moon Hyung Suk juga mengaku dirinya senang dapat menjalin kerjasama dengan SIPA , sebab kerjasama ini menurutnya penting untul menambah jaringan festival dunia bagi SIPA.

Kerjasama ini penting untuk menambah jaringan festival dunia bagi SIPA. Kami senang bisa menjalin kerjasama dengan SIPA," tuturnya.

Baca Juga: Meriahnya Pembukaan SIPA 2022 Di Benteng Vastenburg