Sonora.ID – Dalam pengolahan data, kita sangat akrab dengan bentuk persentase. Bagaimanakah cara menghitung persentase di Excel?
Mengubah angka menjadi bentuk persen membantu kita dalam menampilkan data agar lebih mudah dipahami.
Biasanya ada beberapa variabel yang dibandingkan sehingga menghasilkan bentuk persentase.
Pada umumnya, orang-orang menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data, serta mengubah data angka menjadi persentase.
Baca Juga: Mudah Banget! Ini 6 Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong dan Rapi
Lantas, bagaimana cara menghitung persentase di Excel?
Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu pilih untuk mengubah atau menampilkan sebuah nilai angka pada Microsoft Excel supaya menampilkan lambang bilangan persen. Antara lain:
- Mengetikkan langsung lambang satuan % pada cell excel setelah mengetikkan sebuah angka.
- Memformat cell excel dengan mengubah style format persen(%) pada Tab Home--Number--Percent(%). Cara ini bisa juga dilakukan dengan Shortcut Ctrl + Shift + %.
- Memilih format percentage pada kotak dialog Format Cells.
Dari ketiga cara tersebut, cara menampilkan persen(%) yang kedua adalah yang lebih lazim digunakan.
Cara menghitung persentase di Excel
Untuk dapat mencari atau menghitung persentase setidaknya dibutuhkan 2 variabel: