Sonora.ID - Untuk bisa membuka bisnis, Anda tidak hanya dituntut untuk menguasai pasar dan segala bentuk strateginya.
Tetapi, Anda juga harus bisa menganalisis diri sendiri untuk mengetahui sejauh apa potensi Anda dalam menjalani usaha bisnis di masa depan.
Analisis diri ini bisa Anda dapatkan dengan memahami konsep strenght, weakness, opportunity, dan threat atau disebut juga sebagai SWOT.
Bagi Anda yang masih bingung dengan konsep analisis tersebut, Anda bisa menyimak penjelasan terkait 5 contoh analisis SWOT diri sendiri berikut ini yang sudah Sonora ID rangkum dari berbagai sumber!
1. Analisis SWOT Diri Sendiri untuk Bisnis Makanan
Baca Juga: 6 Contoh Strategi Pemasaran yang Harus Dicoba: Efektif untuk Meningkatkan Angka Penjualan Produk!
Strength:
- Varian makanan yang unik
- Harga terjangkau
- Lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen
Weakness:
- Tempat bisnis terlalu sempit
- Item menu sedikit terbatas
- Tidak memiliki tim promosi
Opportunity:
- Harga lebih kompetitif
- Pengembangan varian makanan untuk menjangkau selera rasa konsumen lebih luas
- Rekomendasi dari pelanggan
Threat:
- Harga bahan baku yang cenderung naik
- Banyaknya kompetitor
- Kepercayaan dari konsumen menurun
2. Analisis SWOT Diri Sendiri
Strength:
- Kreatif
- Memiliki problem solving yang baik
- Time management yang efektif
Weakness:
- Mudah lupa
- Sering merasa gugup jika harus mempresentasikan produk pada target pasar
- Tidak bisa multitasking
Opportunity: