Find Us On Social Media :
Ilustrasi Ciri-ciri Bahasa Iklan (freepik.com)

Ciri-ciri Bahasa Iklan, Lengkap dengan Tujuan dan Penjelasannya

Prameswari Sasmita - Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:00 WIB

Sonora.ID - Ketika menonton tayangan di televisi atau bahkan di media sosial, kamu pasti kerap menemukan iklan atau promosi barang atau jasa yang muncul di layar yang sedang kamu lihat tersebut.

Hal ini sangat wajar terjadi, terlebih dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, iklan juga masuk ke berbagai media agar mendapatkan penonton yang berujung pada pembelian barang atau jasa yang ditawarkan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Iklan juga adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa atau di tempat umum.

Karena tujuannya yang merujuk pada awareness dan penjualan, maka kalimat yang digunakan dalam iklan harus yang efektif bisa mencapai tujuan tersebut.

Dikutip dari Gramedia.com, berikut ini adalah ciri-ciri bahasa iklan.

Kalimat persuasif

Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembaca atau pendengar supaya dirinya melaksanakan gagasan yang dicetuskan dalam kalimat tersebut akan suatu hal. 

Biasanya, penggunaan kalimat persuasif di suatu iklan sangat menekankan suatu diksi tertentu, misalnya “murah”, “cepat”, “handal”, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: 9 Contoh Iklan Bahasa Jawa, Ada Berbagai Jenis Produk