Find Us On Social Media :
Pelatihan Vertical Rescue (Smart FM Banjarmasin / Juma)

Relawan di Banjarmasin Ikuti Pelatihan Vertical Rescue

Jumahudin - Sabtu, 15 Oktober 2022 | 18:55 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID - Wajah Kusmayanti, Relawan Nusantara Rumah Zakat tampak tegang, ketika mencoba menaiki sebuah gedung dengan seutas tali karmantel.

Bukan tanpa sebab, mahasiswi di salah satu perguruan tinggi itu sedang mengikuti pelatihan Relawan Bencana dengan materi Vertical Rescue yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin.

Berlokasi di kantor BPBD Banjarmasin di jalan M.T Haryono, kegiatan itu sendiri diikuti sebanyak 75 relawan dari berbagai kalangan, Sabtu (15/10).

"Ini pengalaman pertama saya menaiki gedung menggunakan tali, cukup menarik dan menyenangkan,” katanya, kepada Smart FM Banjarmasin.

Menurutnya, dalam hal ini BPBD kota Banjarmasin telah mengambil langkah yang tepat dengan mengadakan kegiatan pelatihan relawan bencana.

“Sehingga bisa memberikan pemahaman terhadap para relawan, khususnya anak muda seperti saya ini, bagaimana cara menjaga keselamatan dan melakukan evakuasi di ketinggian,” ujarnya.

Baca Juga: Meriahkan MTQ Nasional, Pemprov Kalsel Gelar Festival Balap Jukung Tradisional

Dalam kegiatan tersebut, BPBD Banjarmasin mendatangkan instruktur dari Vertical Rescue Indonesia (VRI).

Menurut Instruktur dari VRI, Fachmi Arta, pelatihan yang diberikan tentang tata cara evakuasi dan bekerja di ketinggian.

“Kegiatan di ketinggian memiliki resiko dan tingkat kesulitan yang tinggi, karena itu para relawan harus dibekali kemampuan dasar terkait aspek keselamatan,” ujarnya.