Find Us On Social Media :
ASN Makin Cakap Digital, Literasi Digital Sektor Pemerintahan Bagi ASN Kementerian Kesehatan RI (Kemenkominfo)

ASN Makin Cakap Digital, Literasi Digital Sektor Pemerintahan Bagi ASN Kementerian Kesehatan RI

Saortua Marbun - Senin, 17 Oktober 2022 | 18:05 WIB

Sonora.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dalam menyelenggarakan kegiatan literasi digital sektor pemerintahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes).

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid di Bigland Hotel International & Convention Hall, Bogor, Jawa Barat pada hari Senin, 10 Oktober 2022 dan akan berlanjut hingga tanggal 14 Oktober 2022.

Kegiatan dihadiri oleh ASN dari Kemenkes RI sebagai peserta literasi digital sektor pemerintahan. Kegiatan literasi digital sektor pemerintahan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital secara kognitif dan praktis bagi ASN di Indonesia.

Peningkatan pemahaman literasi digital ASN merupakan salah satu target nasional Kemenkominfo menuju transformasi digital di Indonesia.

Kapasitas masyarakat Indonesia perihal literasi digital memiliki skor 3.49 dari 5.00, yang berada dalam kategori “sedang”.

Baca Juga: Kemenkominfo Gelar Literasi Digital bagi ASN Provinsi Banten

Hal ini berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021.

Kegiatan literasi digital di sektor pemerintahan merupakan salah satu inisiasi Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemenkes, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan Kemenkes memiliki strategi untuk transformasi digital kesehatan yang diproyeksikan untuk tahun 2021 - 2024 untuk layanan kesehatan yang optimal berdasarkan teknologi.

Ia memastikan dalam upaya transformasi digital pada Kementerian Kesehatan tentunya sangat dibutuhkan ASN dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni. Oleh karenanya, ASN diharapkan paham akan empat pilar literasi digital.