Find Us On Social Media :
ilustrasi Sulit Fokus dan Kurang Ide Saat Bekerja (Pexels)

Sulit Fokus dan Kurang Ide Saat Bekerja, Ini Dia Penyebabnya!

Stefani Windi Ataladjar - Kamis, 27 Oktober 2022 | 12:05 WIB

Sonora.ID - Kurang fokus saat bekerja tentu sangat meresahkan. Padahal kinerja yang hebat butuh otak yang hebat pula. Dalam pekerjaan, ada banyak sekali hal yang bisa membuat kita kehilangan fokus, misalnya penggunaan berlebihan media sosial, gawai dan cara mengelola otak yang kurang optimal.

Brain Coach Leader Sutanto Windura mengatakan, kurangnya fokus dalam bekerja, gampang lupa, capek karena pikiran, tidak paham-paham dengan job pekerjaan dan tidak punya ide merupakan sebuah brain mis management atau tidak bisa mengoptimalkan penggunaan otak kita.

“Dan itu yang menjadi fokus bagaimana kita mengelola otak kita lebih baik, mengoptimalkan otak kita supaya gangguan-gangguan itu tidak ada. Karena pada dasarnya sekali lagi hal-hal semacam itu kadang kita maklumi karena kita tidak tau solusinya, padahal dengan solusi management otak hal itu bisa diatasi,” kata Sutanto Windura dalam podcast Smart Inspiration.

Sutanto memberikan contoh “seorang anak yang belajar, ia tidak paham-paham, tidak fokus, tidak punya ide dengan mata pelajaran tersebut kemudian anak itu refreshing dengan bermain game selama 4 jam. Saat bermain game anak itu bisa fokus, dia memahami permain, cekatan dan bisa memenangkan permainan karena termotivasi beda saat belajar yang tidak termotivasi. Apa bedanya orangnya sama otaknya sama padahal itu hanya dua hal yang berbeda. Padahal tinggal pindahkan cara itu ke pada saat kita bekerja. Disinilah terjadi mis management,” ucapnya.

Baca Juga: Personal Branding Bisa Mempengaruhi Karir? Berikut Penjelasan Ahli

Selain itu, Sutanto mengatakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memanage otak kita. “Pertama kita inget dulu golden principle dari manajemen otak kita gampang saja, contoh kasus, pak bagaimana ini cara kerja otak kita atau otak seseorang saat nonton film, main game, baca komik kenapa dia genius, konsentrasi, dipanggil tidak menoleh, kenapa dia paham, setelah nonton film 4 jam disuruh cerita inget semua bahkan tanpa usaha menghafal sedikit pun,” tuturnya.

Sutanto menuturkan ada 3 prinsip yang harus kita lakukan secara bersamaan sehingga kita pasti akan mengoptimalkan otak kita dan membawa otak kita ke performa yang paling baik, yang pertama selalu gunakan kedua sisi otak kita. “Otak kiri kanan adalah otak jenius kita. Otak kita punya sifat balancing kalau tidak otak kita akan jebol, jadi otak kanan menyeimbangkan dengan beban otak kiri, kalau otak kanan dan kiri seimbang makan akan menghasilkan sinergi,” tuturnya.

Kemudian kedua prinsip emas dari brain management ialah visualisasi atau gambar. “Bahasa alami otak kita adalah gambar. Coba bayangkan Indonesia lima tahun lagi seperti apa, kota Jakarta atau nanti ibu kota baru seperti apa kalau sudah jadi. Otak anda akan memutar gambar bukan teks. Tetapi kebanyakan yang masuk malah verbal kalau tidak teks, kata-kata. Nah ini otak menolak maka visualkan, caranya saat menjelaskan sesuatu bumbui dengan gambar,” ungkapnya.

Untuk pembahasan lebih lengkapnya terkait brain management anda bisa mendengarkannya di podcast Smart Inspiration dalam Smart Career “Brain Management At Work”.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.