Find Us On Social Media :
Cara Membuat Nomor Surat Formal yang Benar dan Contoh Penulisannya ()

Cara Membuat Nomor Surat Formal yang Benar dan Contoh Penulisannya

Syahidah Izzata Sabiila - Rabu, 2 November 2022 | 15:00 WIB

Sonora.ID - Berikut ini adalah cara membuat nomor surat dan penjelasan lengkap dengan contoh penomoran suratnya. Semoga bermanfaat.

Sebuah surat formal biasanya harus menyertakan nomor surat.

Nomor surat tidak boleh sembarangan ditulis. Setiap huruf dan angka yang ada di nomor surat memiliki kode dan arti tertentu.

Dalam Buku Pedoman Umum Organisasi dan Administrasi Rukun Warga Rukun Tetangga oleh Wahono Sumadiono,  nomor surat digunakan untuk mengetahui surat yang telah dikeluarkan, kode surat merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.

Adapun fungsi pembuatan nomor surat yaitu:

Bagaimana cara membuat nomor surat formal? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 4 Contoh Surat Tugas Resmi untuk Berbagai Jenis Keperluan, Lengkap!

Cara Membuat Nomor Surat dan Contoh Penulisannya

Setiap surat yang dikeluarkan oleh sebuah instansi selalu disertai dengan penomoran surat. Ada beberapa komponen yang termuat di dalam surat yang harus diperhatikan. Berikut contoh dan penjelasannya:

Nomor: 030/M2/LMJ/XI/2010