Find Us On Social Media :
Perbedaan Asimilasi dan Akulturasi Beserta Contohnya (kompas.com)

Perbedaan Asimilasi dan Akulturasi Beserta Contohnya

Muhammad Aliefuddin Sayyaf - Jumat, 11 November 2022 | 12:30 WIB

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja yang dimaksud dengan perbedaan asimilasi dan akulturasi yang lengkap beserta contohnya.

Mungkin kita semua sudah familiar atau sering mendengar kata asimilasi dan juga akulturasi bukan? Dua kata ini banyak digunakan dalam berbagai percakapan, diskusi dan juga tulis di beberapa buku sekolah.

Namun ternyata masih banyak orang yang mengira jika asimilasi dengan akulturasi itu sama, padahal keduanya memiliki pengertian dan juga maksud yang berbeda.

Agar tak lagi salah memahami kata asimilasi dengan akulturasi, melalui tulisan ini kita akan belajar tentang apa saja yang dimaksud dengan perbedaan asimilasi dan akulturasi.

Baca Juga: 5 Contoh Asimilasi dan Akulturasi di Indonesia, Materi SMP Kelas 7

Lantas apa saja perbedaan asimilasi dan akulturasi tersebut? Dilansir dari kompas.com, simak ulasannya berikut ini:

Pengertian Asimilasi

Menurut Dedeh Maryani dalam bukunya yang berjudul Pemberdayaan Masyarakat (2019), Asimilasi adalah proses sosial yang muncul dari masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda.

Sehingga proses asimilasi tersebut ditandai dengan adanya pengurangan perbedaan di tengah-tengah masyarakat. Seperti seseorang dengan latar belakang berbeda saling berkumpul dalam satu elompok, maka kebudayaan masing-masing akan melebur atau menyatu.

Baca Juga: Berperilaku Baik Saat di Penjara, Ini Alasan Lucinta Luna Bebas