Find Us On Social Media :
Ilustrasi doa agar pintar dalam semua pelajaran (unsplash.com)

7 Doa agar Pintar dalam Semua Pelajaran, Panjatkan Sebelum Memulai Pembelajaran

Gema Buana Dwi Saputra - Selasa, 13 Desember 2022 | 14:30 WIB

Sonora.ID - Artikel kali ini akan membahas lengkap tentang 7 doa agar pintar dalam semua pelajaran yang bisa dipanjatkan sebelum memulai pembelajaran.

Sebagai umat Muslim yang baik, kamu harus memanjatkan doa sebelum melakukan aktivitas sehari-hari untuk mendapatkan berkah dari Allah S.W.T.

Dengan bantuan doa, kamu bisa lebih baik dalam menjalankan rutinitas dengan tenang atau memahami suatu ilmu lebih cepat saat pembelajaran berlangsung.

Sehingga, kamu pun dapat menjadi sosok yang pintar dan cerdas dalam menyerap ilmu-ilmu penting di kehidupan sehari-hari.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah 7 doa agar pintar dalam semua pelajaran yang bisa kamu panjatkan sebelum memulai pembelajaran.

1. Doa agar Pintar dan Cerdas dalam Semua Mata Pelajaran

"اَللهُمَّ اَلْهِمْنِىْ رُشْدِيْ وَقِنِىْ شَرِّ نَفْسِىْ"

Allaahumma Alhimnii Rusydii Waqinii Syarri Nafsii

Arti: “Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku.”

Baca Juga: Doa Sebelum dan Sesudah Makan dalam Islam: Arab, Latin dan Artinya

2. Doa untuk Mendapatkan Petunjuk dalam Memahami Pelajaran

"رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ بِمَا شَرَحْتَ بِهِ صُدُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَيَسِّرْ لِيْ اَمْرِيْ بِمَا يَسَّرْتَ بِهِ اُمُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَاهْدِ قَلْبِيْ بِمَا هَدَيْتَ بِهِ قُلُوْبَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَسَدِّدْ لِسَانِيْ بِمَا سَدَّدْتَ بِهِ اَلْسِنَةَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم"

Robbisyrohlii shodrii bimaa syarohta bihii shuduurosh shoolihiina min ‘ibaadika wa yassirlii amrii bimaa yassarta bihii umuurosh shoolihiina min ‘ibaadika wahdi qolbii bimaa hadaita bihii quluubash shoolihiina min ‘ibaadika wa saddid lisaanii bimaa saddadta bihii alsinatash shoolihiina min ‘ibaadika bihaqqi sayyidinaa muhammadin shollallaahu ‘alaihi wa sallam