Sonora.ID - Salah satu syarat yang masih digunakan banyak perusahaan untuk menerima karyawan baru adalah dengan surat lamaran pekerjaan.
Pengertian surat lamaran pekerjaan
Dikutip dari Gramedia.com, surat lamaran pekerjaan adalah bentuk surat formal (resmi) yang dibuat oleh seseorang yang sedang mencari, atau membutuhkan pekerjaan yang ditujukan kepada pimpinan perusahaan, atau institusi tempat kerja yang dituju
Dalam surat tersebut biasanya tercantum identitas diri hingga data-data lampiran untuk pertimbangan perusahaan.
Beberapa data yang biasanya perlu dilampirkan adalah:
- Pas foto
- Fotokopi KTP
- CV
- Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
- Fotokopi sertifikat kompetensi
- Portofolio
Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Satpam atau Security Paling Menarik
Fungsi surat lamaran pekerjaan
Dengan perkenalan singkat dan beberapa data yang terlampir di dalamnya, berikut ini adalah fungsi surat lamaran pekerjaan:
- Sebagai perkenalan awal
- Sebagai pintu perkenalan kepribadian
- Mengetahui motivasi calon karyawan
- Mengetahui karakter dan kualitas calon karyawan apakah cocok dengan budaya perusahaan
- Mengetahui kompetensi calon karyawan
Tujuan surat lamaran pekerjaan
Adalah untuk menjelaskan ketertarikan calon karyawan atas posisi yang lamar, serta bertujuan untuk memberikan perkenalan dan self marketing agar perusahaan tertarik untuk memanggil pada tahap rekrutmen selanjutnya.